PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan merupakan landasan yang sangat penting dalam membentuk generasi yang cerdas dan berkarakter. Dalam pembelajaran matematika, banyak peserta didik terutama pada jenjang sekolah dasar yang masih menghadapi kesulitan dalam memahami konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik serta menganalisis seberapa efektif penerapannya dalam proses pembelajaran kelas III di SDN 041 Gambir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan menggunakan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian terdiri dari 60 peserta didik kelas III yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model Problem Based Learning dengan bantuan Wordwall dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai instrumen, meliputi tes pretest dan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan perhitungan N-Gain serta effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata skor pretest mencapai 45,00 dan posttest dengan rata-rata skor 79,50. Sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata pretest 36,50 dan posttest dengan rata-rata skor mencapai 67,50. Hsil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen juga didukung oleh nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan effect size sebesar 1,00 dengan kategori besar. Temuan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning yang didukung aplikasi Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas III.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Hartati, F. R., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD: Literatur Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi wordwall website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192-205.
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di smk negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rekayanti., La Ndia., & Zamsir. (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 43-57.
Sakti, S., Ashariana, A., Bachtiar, B., & Nuddin, N. (2023). Kebijakan Standar Nasional Pendidikan pada Sekolah Dasar di Luwu Utara. Journal of Government Insight, 3(2), 164-168.
Tiara, V., Ninawati, N., Liska, F., Alya, R., & Barella, Y. (2024). Menggali potensi problem based learning: Definisi, sintaks, dan contoh nyata. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 121-128.