PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

Isi Artikel Utama

Eka Dyah Ayu Wulandari
Siti Maryam Rohimah
Siti Sholiha Nurfaidah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SDN 274 Cempaka Arum Bandung, khususnya pada materi perkalian dan pembagian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan rata-rata hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan aplikasi wordwall dan peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model TGT berbantuan wordwall terhadap hasil belajar peserta didik. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas yang menerapkan model TGT berbantuan wordwall sebagai kelompok eksperimen dan kelas yang menggunakan model konvensional sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan adanya perbedaan yang signifikan dalam rata-rata hasil belajar antara kedua kelompok, yang dianalisis dengan menggunakan uji t sampel independen, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan wordwall tergolong sangat besar, dengan effect size sebesar 1,04, yang menunjukkan kategori pengaruh besar. Dengan demikian, model pembelajaran TGT yang didukung oleh aplikasi wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wulandari, Eka Dyah Ayu, Siti Maryam Rohimah, dan Siti Sholiha Nurfaidah. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3641–3649. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4096.
Bagian
Artikel

Referensi

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) di Sekolah Dasar. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104–111. http://sinta.ristekbrin.go.id.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Anggrainy, S. (2024). Penggunaan Media Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(2), 105–109.

Faridatul, K. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas III SDN Nambakor II Kecamatan Saronggi Tahun Pelajaran 2018/2019 [Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMENEP].

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Handayani, N. F. (2022). Pengaruh Media Gambar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balangan. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 37–45.

Handayani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI The Noor. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(2). https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna100

Hasthori, B., Syamsiah, N., & Matawi, I. (2024). Dasar Pengunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1626–1630. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Hidayati, P., Syafrizal, & Fadriati. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Limas PGMI: Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 46–58. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi

Husnaidah, M., Serli Hrp, M., & Sofiyah, K. (2024). KONSEP DASAR MATEMATIKA FONDASI UNTUK BERPIKIR LOGIS. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47.

Istikhah, I., Alfiansyah, I., & Umam, N. K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas II SD. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(1), 241–249. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.1114

Izzah, N., Asrizal, & Festiyed. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(1), 114–132. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495

Marlita, N. I., Patonah, S., Ariestanti, E., & Miyono, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Game dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 725–735. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4229

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Prasetya, I. W. S., & Agustika, G. N. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63393

Putri, A. A., Hamidah, H., & Nasution, M. (2024). Analisis Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD). JIPE: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 34–42.

Rahma, N., & Yasin, M. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka untuk Kesiapan Peserta Didik Abad 21.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Setiawan, Z., Lastya, H. A., & Sadrina. (2021). Penerapan TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 05(2), 131–137. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee

Simbolon, W. A., Ahmad, M., Fadilla, U., & Kristanti, A. T. (2025). Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT). Jurnal PKM Indonesia (JPI), 1, 22–31.

Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186. https://doi.org/10.5281/zenodo.4299433

Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Antara Kepercayaan Vs Realita. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 49–68. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4034

Utami, D., Suhendi, D., & Wahyuningrum, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas V SDN Gugus Sultan Mahmud Badaruddin II, Oku Timur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3623–3636.