ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD SWASTA KARYA BAKTI HELVETIA

Isi Artikel Utama

Putri Nur Fahma
Irsan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dan menganalisis strategi kepala sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru. Analisis data yang dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terdiri dari empat temuan. Pertama, dalam hal kepemimpinan, kepala sekolah menunjukkan kemampuan dalam mengambil keputusan secara partisipatif dan apresiatif, motivasi guru diberikan dalam bentuk verbal, kegiatan rekreasi, dan pakai seragam setiap tahunnya serta motivasi pada peserta didik yang berprestasi mendapatkan pemotongan pembayaran uang sekolah. Dalam komunikasi, kepala sekolah membangun interaksi terbuka melalui pertemuan langsung dan media pesan digital. Kepala sekolah juga melakukan pengendalian terhadap tugas dan kedisiplinan guru dan siswa serta menunjukkan tanggung jawab tinggi dalam menangani berbagai persoalan sekolah. Kedua, dalam perencanaan strategi, kepala sekolah mengembangkan visi dan misi berdasarkan kondisi sekolah serta melakukan analisis kekuatan dan kelemahan internal. Meskipun belum dituangkan dalam dokumen tertulis, strategi perencanaan telah dilaksanakan secara konsisten dan disepakati dalam forum guru. Ketiga, dalam pelaksanaan strategi, kepala sekolah menetapkan kebijakan pembiasaan harian seperti literasi, sarapan sehat, sholat Dhuha, dan talent corner serta kegiatan keagamaan lainnya, penempatan guru yang sesuai dengan kompetensinya, serta pembentukan budaya sekolah yang religius, disiplin, dan kreatif. Keempat, dalam evaluasi, kepala sekolah melakukan supervisi mingguan dan memberikan tindak lanjut langsung terhadap hasil evaluasi, berupa perbaikan terhadap kekurangan, penyelesaian masalah secara langsung, serta pengajuan kebutuhan kepada pihak yayasan. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berperan signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pendekatan yang terstruktur, kolaboratif, dan berkelanjutan. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fahma, Putri Nur, dan Irsan. “ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD SWASTA KARYA BAKTI HELVETIA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4448–4454. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3553.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustriani, D. (2023). Evaluasi Strategi Dalam Manajemen Pengendalian Mutu Pembelajaran Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(1), 1-23.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11-23.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Fransiska, S., & Darna, S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengembangan Karir Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Perkasa Internusa Mandiri Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 52-68.

Gunawan, G., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2769-2777.

Maghfiroh, L. (2018). strategi peningkatan mutu pendidikan madrasah melalui total quality management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19-39.

Marjohan. & Atikah, C. (2024). Analisis SWOT Pada Lembaga Pendidikan. Journal on Education, 6 (2).

Prasinta, D. J. Jarkawi, & Emanuel BS Kase. (2023). Strategi Kepemimpinan. Yogyakarta: Sulur Pustaka.

Prayudi, A., Sari, W. P., & Anindya, D. A. (2020). Kepemimpinan. Deli Serdang: Uma press.

Raharjo, S. B., Handayani, M., Jauhari, M. R. A., Juanita, F., & Waspodo, R. M. (2019). Sistem penjaminan mutu pendidikan.

Rahmi, S. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Aceh: Naskah Aceh (NASA).

Ratnawulan, T., Ardiana, L., Rusmana, J., Kusmiyati, N., & Yuningsih, Y. (2023). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Implementasi di Satuan Pendidikan Tingkat Dasar. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sholihatun, LN (2019). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi kasus di Mi Hidayatul Mubtadi'in Jambon Ponorogo) (Disertasi Doktor, IAIN Ponorogo).

Sidiq, U., & Choiri, M, M. (2019). Metode penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan. Jurnal Informasi dan Pemodelan Kimia, 53 (9), 1-228.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suncaka, E. (2023). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. UNISAN JURNAL, 2(3), 36-49.

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Strategik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas.

Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970-7977.

Zulkarmain, L. (2021). Analisis Mutu (Input Proses Output) Pendidikan pada Dewan Pendidikan MTs Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Manazhim, 3 (1), 17-31.