PENGARUH PERMAINAN KATA BAKU BENAR (KABAR) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIASISWA KELAS IV SD SWASTA ADVENT AIR BERSIH MEDAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Permaianan Kata Baku Benar (KABAR) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Swasta Advent Air Bersih Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest, yang berarti mereka (kedua kelompok) akan diberi pretest dan postest. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B yang berjumlah 44 siswa di SD Swasta Advent Air Bersih Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji statistic uji-t (t-test) dengan menggunakan SPPS 26. Berdasarkan hasil uji-t , diketahui bahwa nilai pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Mengacu pada hasil yang didapatkan, jika dibandingkan dengan nilai signifikansi 0,05, maka dapat diketahui bahwa 0,000 < 0,05, dan mendapatkan t- hitung = 4,938 sedangkan t-tabel = 2,021 (t-hitung < t-tabel). Hal tersebut berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada permainan kata baku benar (KABAR) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Advent Air Bersih Medan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Hamalik, Oemar. 2019. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2022. Model-Model Pembelajaran: Teknik Pembelajaran Siswa Aktif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, Harimurti. 2022. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustak Utama.
Moeliono, Anton M. 2019. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Prasetya. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Kata Baku Benar (KABAR) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa SDN 3 Semanggi.” Jurnal Pendidikan, 3(2): 45–53.
Ramlan. (2020). Pendidikan Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Rahman, Dkk. (2022). Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kompetensi Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Rukminingsih. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar.
Suyanto. 2021. Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan untuk Anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.