PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 2 WIDODO

Isi Artikel Utama

Septi Fajaria
Donni Pestalozi
Eka Lokaria

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat menuntaskan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Widodo. Metode penelitian yang digunakan berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Widodo dan sekaligus sampel penelitian yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 7 butir soal essai. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan uji-z, rata-rata hasil belajar pre-test (44,67) dan post-test (74,33). Berdasarkan hasil analisis uji-z rata-rata (x) nilai keseluruhan hasil tes akhir x2tabel sebesar 9,488 dan x2hitung 3,8517. Karena x2hitung < x2tabel maka datanya dapat disimpulkan berdistribusi normal. Besarnya Zhitung = 3,839 dan Ztabel = 1,46 karena Zhitung > Ztabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Widodo setelah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing secara signifikan tuntas.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fajaria, Septi, Donni Pestalozi, dan Eka Lokaria. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 2 WIDODO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 7, 2025): 4593–4598. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3555.
Bagian
Artikel

Referensi

Adhiatmika, M. W., Agustini, K., Si, M., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 214-223.

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis pedagogical content knowledge terhadap buku guru IPAS pada muatan IPA sekolah dasar kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187.

Azzahra, W., Gusti, U. A., & Widodo, A. (2023). Inovasi Model Discovery Learning Berbasis Multi Teknologi Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 293-298.

Fiteriani, I., & Baharudin, A. P. H. B. K. (2017). Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi Pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. Jurnal Terampil, 4(2).

Munawaroh, M., & Alamuddin, A. (2014). pengaruh penerapan model pembelajaran snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan relasi dan fungsi. EduMa, 3(2), 163-173.

Reza, N. A., & Kurnia, P. N. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD. Lampung: Terampil.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan ( Research and Development /R&D). Bandung: Alfabeta