PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 2 WIDODO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat menuntaskan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Widodo. Metode penelitian yang digunakan berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Widodo dan sekaligus sampel penelitian yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 7 butir soal essai. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan uji-z, rata-rata hasil belajar pre-test (44,67) dan post-test (74,33). Berdasarkan hasil analisis uji-z rata-rata (x) nilai keseluruhan hasil tes akhir x2tabel sebesar 9,488 dan x2hitung 3,8517. Karena x2hitung < x2tabel maka datanya dapat disimpulkan berdistribusi normal. Besarnya Zhitung = 3,839 dan Ztabel = 1,46 karena Zhitung > Ztabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 2 Widodo setelah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing secara signifikan tuntas.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adhiatmika, M. W., Agustini, K., Si, M., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 214-223.
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis pedagogical content knowledge terhadap buku guru IPAS pada muatan IPA sekolah dasar kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180-9187.
Azzahra, W., Gusti, U. A., & Widodo, A. (2023). Inovasi Model Discovery Learning Berbasis Multi Teknologi Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 293-298.
Fiteriani, I., & Baharudin, A. P. H. B. K. (2017). Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi Pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. Jurnal Terampil, 4(2).
Munawaroh, M., & Alamuddin, A. (2014). pengaruh penerapan model pembelajaran snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan relasi dan fungsi. EduMa, 3(2), 163-173.
Reza, N. A., & Kurnia, P. N. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD. Lampung: Terampil.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan ( Research and Development /R&D). Bandung: Alfabeta