PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 61 LUBUKLINGGAU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 61 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan Addie. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 61 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 82%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,74 dengan klasifikasi tinggi yang artinya Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 61 Lubuklinggai.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Achmad & Joko. 2022. Metode penelitian dan pengembangan bidang pembelajaran. Pascal books.
Agustina, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 19(2), 45-59.
Aliyyah, R. R. & dkk. (2021). Peirkeimbangan dan Karakteiristik Peindidikan Siswa Seikolah Dasar. Bogor: Univeirsitas Djuanda.
Amril, A., Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9593-9607.
Djamaluddin, Ahdar. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Feibriandi, R., Susanta, A., Wasidi. (2019). Validitas LKS Mateimatika deingan Peindeikatan Saintifik Beirbasis Outdoor Pada Mateiri Bangun Datar. JP3DJurnal Peimbeilajaran dan Peingajaran Peindidikan Dasar, 2(2), 152.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudera Biru.
Hamza, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Reasert & Developmet. Malang: Literasi Sains Nusantara.
Hartati, Risa. (2016). Peiningkatan Aspeik Liteirasi Sains Siswa SMP Meilalui Peineirapan Modeil Probleim Baseid Leiarning Pada Peimbeilajaran Teirpadu. Jurnal Peindidikan, 8(01).
Hidayat. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya.
Huda, M., 2015, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran,Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Irsalina, A., Dwiningsih, K. (2018). Analisis Keipraktisan Peingeimbangan Leimbar Keigiatan Peiseirta Didik (LKPD) Beirorieintasi Bleindeid Leiarning Pada Mateiri Asam Basa. Jurnal Kimia dan Peindidikan Kimia, 3(3), 173-174.
Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Mardiana, S. (2016). Penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 120-130.
Mawartingsih, L., Sholikah, U. (2018). Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Think Talk Writei (TTW) untuk Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Keilas VII A SMP Nurul Anwar Deisa Pakeil Keicamatan Montong Kabupatein Tuban Tahun Peilajaran 2016/2017. Jurnal Eidusains, 10(1), 2.
Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press
Pramesti, P. W., Prasasti, P. A. T., & Retno, R. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Berbasis Pbl Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Sdn Darmorejo 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 584-591.
Rarastika. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rima. (2022). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena:Jogjakarta.
Rockyanei, Irania, Suci dan Sukartiningsih, Wahyu. (2018). “Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Inteiraktif Meinggunakan Adobei Flash dalam Peimbeilajaran Meinulis Ceirita Siswa Keilas IV SD”. PGSD, 6(5), 769.
Rozak, A., Darmadi., Murtafi’ah, W. (2018). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Sasa-Aura untuk Meiningkatkan Preistasi Peiseirta Didik SMK Ceindeikia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Peindidikan dan Ilmu Peingeitahuan, 18(1), 37.
Rusdi. (2018). Peineilitian Deisain dan Peingeimbangan Keipeindidikan. Deipok: Rajawalipeirs.
Rusmayana. Taufik. (2021). Modeil Peimbeilajaran ADDIEi Inteigrasi Peidati di SMK PGRI Karisma Bangsa Seibagai Peingganti Prakteik Keirja Lapangan Dimasa Pandeimi Covid-19. Bandung : Widina Bhakti Peirsada Bandung.
Utami, R. L., Niam, F., & Rofi'ah, S. (2021). Pengembangan Mosbee (Monopoli Sumber dan Bentuk Energi) Materi Sumber dan Bentuk Energi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SDN Banggle 02 Kabupaten Blitar. Patria Eduacational Journal (PEJ), 1(2), 32-44.
Setyosari, P. (2015). Meitodei Peineilitian Pengembangan. Jakarta:Prenadamedia Grup.
Sugiyono. (2017). Meitodei Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeita, CV.
Sukmawati, I. (2020). Wordwall: Pembelajaran interaktif berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 45-58.
Syahputera, A. A., Misdalina, M., & Septeiyawan, B. Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Bangun Datar SD. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10(2), 331-339.