PENGGUNAAN POP-UP BOOK BERBASIS NILAI ISLAM: MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENANAMKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

Uswatun Hasanah
Fuad Nashori
Akif Khilmiyah

Abstrak

Dalam penelitian ini, pop-up buku berbasis nilai Islam digunakan sebagai alat kreatif untuk menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak-anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan era digital yang berpotensi mengurangi interaksi tatap muka dan pengalaman sensorik anak. Oleh karena itu, ada kebutuhan akan media pembelajaran baru yang dapat mendorong perkembangan emosional anak sekaligus menanamkan nilai-nilai Islam. Studi ini bertujuan untuk mempelajari berbagai literatur dan temuan penelitian sebelumnya tentang seberapa efektif buku pop-up berbasis nilai Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi studi pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku pop-up berbasis nilai Islam menyampaikan nilai-nilai Islam melalui sentuhan visual, taktil, dan auditori. Beberapa penelitian empiris menunjukkan bahwa buku pop-up berbasis nilai Islam membantu meningkatkan elemen kecerdasan emosional seperti pengenalan emosi, regulasi emosi, empati, dan keterampilan sosial. Implementasi yang efektif memerlukan strategi pembelajaran yang luas dan kemampuan guru untuk membantu. Pop-up book berbasis nilai Islam menawarkan cara baru untuk mengajar anak usia dini yang menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan spiritual. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasanah, Uswatun, Fuad Nashori, dan Akif Khilmiyah. “PENGGUNAAN POP-UP BOOK BERBASIS NILAI ISLAM: MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENANAMKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 8, 2025): 4662–4669. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3591.
Bagian
Artikel

Referensi

Afriliana, N., N, Z., & Hukmi, H. (2022). Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Menggunakan Pop Up Book di RA Menara Qur’an Pujud Rokan Hilir Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14107–14119. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.5146

Alimni, A., Amin, A., & Kurniawan, D. A. (2022). The role of Islamic education teachers in fostering students’ emotional intelligence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1881–1892. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22116

Amalia, M. Zulham, & Iin Dwi Aristy Putri. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2667–2676. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3961

Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084

Bluemel, N. (2012). Pop-up books: A guide for teachers and librarians. Libraries Unlimited.

Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73–86.

Chen, H.-L., & Ho-Tang, W. (2022). Relationships among Parental Emotional Support, Emotional Intelligence, and Subjective Well-Being of High School Students: A Mediating Effect Analysis. Bulletin of Educational Psychology, 53(3), 565–586. https://doi.org/10.6251/BEP.202203_53(3).0003

D, D. A., & Ardiansyah, B. F. (2019). Analisis Teknik Dan Perkembangan Buku Pop-Up. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(1), 129. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.007

Daniel Goleman. (2020). Emotional intelligence: 30th anniversary edition. Bantam Books.

Daswananda, K. F., & Fathoni, A. (2024). Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 875–886.

Dzuanda. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri ‘Gatotkaca’. Jurnal Ilmiah, 3402.

Febriani, S. A., Dwiyanti, L., & Yulianto, D. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.29407/pn.v8i2.16387

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1341–1351.

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers ( Belia), 3(2), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727

Kamal, A. L., Ali, M. K., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.336

Karumpa, A., Halimah, A., & Dahlan, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818–825. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089

Liu, F. F.-H. (2019). Understanding children’s literature and material culture through pop-up books*. Tamkang University, 49(2), 49–70.

Luque-González, R., Romera, E., Gómez-Ortiz, O., Wiza, A., Laudańska-Krzemińska, I., Antypas, K., & Muller, S. (2022). Emotional intelligence and school climate in primary school children in Spain, Norway, and Poland. Psychology, Society and Education, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.21071/PSYE.V14I3.15122

Ma, M. Y., & Wei, C. C. (2016). A comparative study of children’s concentration performance on picture books: age, gender, and media forms. Interactive Learning Environments, 24(8), 1922–1937. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1060505

Masykuroh, K., & Wahyuni, T. (2023). Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 172–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.483

Muzayanati, A., & Nugraheni, A. S. (2023). Pop-up book media integrated islamic values and Pancasila to foster motivation and care. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 148–162. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.59503

Nashori, F. (2008). Potensi-potensi Manusia. Pustaka Pelajar.

Nudin, B. (2020). Islamic Education in Early Childhood: Cooperation between Parents and School To Build Character in Disruption Era. Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 1–32. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art1

Raffa, P. (2019a). Pop-up books. Three-dimensional books. International and Interdisciplinary Conference on Image and Imagination, 128–139.

Raffa, P. (2019b). Pop-up books. Three-dimensional books. 1st International and Interdisciplinary Conference on Image and Imagination, 1140(1), 128–139. https://doi.org/10.1007/978-3-030-41018-6_13

Rahmawati, D. I., & Rukiyati. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children Aged 4-5 Years. 249(Secret), 60–69. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.10

Sankey, M., Birch, D., & Gardiner, M. (2010). Engaging students through multimodal learning environments: The journey continues. ASCILITE 2010 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, May, 852–863. https://doi.org/10.14742/apubs.2010.2003

Satriana, M., Kartika, I., Dini, U., & Mulawarman, U. (2024). Media Pop Up Book dalam Menstimulasi Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Kemampuan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 861–875. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.991

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 2016–2020.

Syarifudin, A. (2019). Studi Literatur Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda.

Ulfah, F., & Aisyah, S. (2022). Pengaruh media pop-up book dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini the influence of pop-up book media in increasing interest. Journal Of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1–8.

Ulwan, A. N. (1983). Tarbiyyah Al-Aulad Fil Islam (p. Jilid 1).

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Winnuly, Fauziah, P. Y., Triana, R. S., & Susanti, T. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 36–48.

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909

Zhang, M., Hou, G., Chen, Y. C., Zhang, T., & Yang, J. (2020). A Book Interaction Scheme to Enhance Children’s Reading Experiences and Preferences. Frontiers in Psychology, 11(October), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.02155