PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN CANVA MATERI MEMBUAT DAN MELENGKAPI PANTUN UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 23 BATARA KOTA PALOPO

Isi Artikel Utama

Uswatun Hasanah
Nurul Aswar
Sukirman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan jenis penelitian Research and Developmet (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate).Penelitian ini dilakukan di SDN 23 Batara. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumah 30 orang dengan objek penelitian media video animasi yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Dari hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa diperlukan media pembelajaran berbentuk video animasi materi membuat dan melengkapi pantun sebagai sumber belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa. Adapun design media pada penelitian ini berupa media video animasi materi pantun. Untuk kevalidan media video animasi yang divalidasi oleh 3 validator yaitu validator media dengan nilai 87,5% (sangat valid), validator materi dengan nilai 87,5% (sangat valid), dan validator bahasa dengan nilai 75% (valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru diperoleh nilai sebesar 90% (sangat praktis) dan hasil kepraktisan peserta didik diperoleh nilai sebesar 80% (praktis). Hasil efektivitas diperoleh dari angket sebelum dan setelah menggunakan produk yang memperoleh nilai sebesar 82,7% (sangat tinggi). Penyebaran media dilakukan secara online di platfrom Youtube dan offline di SDN 23 Batara Kota Palopo

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasanah, Uswatun, Nurul Aswar, dan Sukirman. “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN CANVA MATERI MEMBUAT DAN MELENGKAPI PANTUN UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 23 BATARA KOTA PALOPO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2353–2364. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2960.
Bagian
Artikel

Referensi

Amar, C. (2017). Korelasi Kemampuan Memahami Ciri Pantun dan Kemampuan Menentukan Jenis Pantun dengan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pagaralam. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 6(1).

Apriansah, D., Muktadir, A., & Lusa, H. (2018). Studi Identifikasi Jenis-Jenis Pantun dalam Masyarakat Kaur Provinsi Bengkulu. Jurnal PGSD, 11(1), 43–50.

Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan media video animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar materi puisi mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 242–252.

Desfitria, R., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan materi ajar pantun pada buku tematik kelas V tema 4. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 13–23.

Edhy Rustan, E. R. (2023). Desain Instruksional dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa. Selat Media.

Fajar, M. M., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2023). Kajian Literatur: Efektivitas Media Video Animasi Pada Pembelajaran Bersifat Teori. Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan Dan Teknik Sipil (SPKTS), 1. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/spkts/article/view/36124

Farhurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(01), 23–34.

Farindhni, D. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/21850

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19–25.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan video animasi berbasis kearifan lokal pada pembelajaran ipa kelas v di sekolah dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166.

Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. An Nabighoh, 20(01), 129–138.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.

Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar [PhD Thesis, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/19283/

Rahmadani, E., Rahmawati, R., & Nasaruddin, N. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung pada Materi Konsep Operasi Hitung Bagi Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 944–953. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.296

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).