PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Jessinda Audria Pertiwi
Rohmatus Syafi’ah
Eka Yuliana Sari

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kapasitas kognitif peserta didik belum memadai untuk memahami materi pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dipilih masih kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman ideal terhadap materi pelajaran. Karena materi IPAS memerlukan pemahaman mendalam dan hafalan, diperlukan model pembelajaran yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi gaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari 27 peserta didik, dengan 9 peserta didik dari kelompok kontrol dan 18 peserta didik dari kelompok eksperimen. Alat evaluasi penelitian ini adalah hasil belajar kognitif. Nilai signifikansi p < 0,001 yang ditunjukkan oleh hasil uji t berada di bawah ambang batas signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pertiwi, Jessinda Audria, Rohmatus Syafi’ah, dan Eka Yuliana Sari. “PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4268–4277. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3672.
Bagian
Artikel

Referensi

Apriliana, Purba Vinny. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Lingkungan Dan Manfaatnya Di Kelas V Uptd Sd Negeri 122355 Pematang Siantar.” Jurnal Sains Student Research 1(1).

Fitria Sinaga, Rio Parsaoran Napitupulu, and Yanti Arasi Sidabutar. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Kelas IV SDN 122345 Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan dan Konselinga 4(6): 1349–58.

Hasibuan, And. Rahman Hakim, Abdi Maulana, Diha Stephenia Samosir, and Syahrial. 2024. “Perkembangan Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran, dan Ilmu Sosial 2(2): 120–25.

Nabilah, Mona, Stepanus Sahala Sitompul, and Hamdani Hamdani. 2020. “Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls.” Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika 1(1): 1.

Permatasari, Fitri, Muhammad Al Iqbal Ghozali, and Ratna Purwati. 2022. “Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon.” EduBase : Journal of Basic Education 3(1): 110–16. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/682%0Ahttps://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/download/682/530.

Pratama, DFadly, and Ikip Siliwangi. 2021. “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 04(03): 3.

Safitri, Joti, Emi Sulistri, and Dina Anika Marhayani. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V Pada Materi Makanan Sehat Di SD Negeri 09 Danau Peradah.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04): 504–9.

Sonjaya, Rebina Putri, Farrel Rahma Aliyya, and Syahandika Naufal. 2025. “Pengujian Prasyarat Analisis Data Nilai Kelas : Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas.” 9: 1627–39.

Wasti, Yessy. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Mengoptimalkan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(Ctl) Siswa Kelas Vii.3 Smp Negeri 16 Batam Tahun Pelajaran 2019/2020.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2(5): 1775–94.

Apriliana, Purba Vinny. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Lingkungan Dan Manfaatnya Di Kelas V Uptd Sd Negeri 122355 Pematang Siantar.” Jurnal Sains Student Research 1(1).

Fitria Sinaga, Rio Parsaoran Napitupulu, and Yanti Arasi Sidabutar. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Kelas IV SDN 122345 Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan dan Konselinga 4(6): 1349–58.

Hasibuan, And. Rahman Hakim, Abdi Maulana, Diha Stephenia Samosir, and Syahrial. 2024. “Perkembangan Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran, dan Ilmu Sosial 2(2): 120–25.

Nabilah, Mona, Stepanus Sahala Sitompul, and Hamdani Hamdani. 2020. “Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls.” Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika 1(1): 1.

Permatasari, Fitri, Muhammad Al Iqbal Ghozali, and Ratna Purwati. 2022. “Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon.” EduBase : Journal of Basic Education 3(1): 110–16. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/682%0Ahttps://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/download/682/530.

Pratama, DFadly, and Ikip Siliwangi. 2021. “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 04(03): 3.

Safitri, Joti, Emi Sulistri, and Dina Anika Marhayani. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V Pada Materi Makanan Sehat Di SD Negeri 09 Danau Peradah.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04): 504–9.

Sonjaya, Rebina Putri, Farrel Rahma Aliyya, and Syahandika Naufal. 2025. “Pengujian Prasyarat Analisis Data Nilai Kelas : Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas.” 9: 1627–39.

Wasti, Yessy. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Mengoptimalkan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(Ctl) Siswa Kelas Vii.3 Smp Negeri 16 Batam Tahun Pelajaran 2019/2020.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2(5): 1775–94.

Retnawati, H (2016). Analisis kuantitatif instrument penelitian (Cet. I; Yogyakarta: Paramu Publishing, 2016).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta