PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 1 MOYOKETEN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Akilla Antris Pradensi
Nugrananda Janattaka
Eka Yuliana Sari

Abstrak

Latar belakang pada penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar, khususnya dalam Pelajaran Bahasa Indonesia dimana media yang digunakan guru ketika mengajar hanya terpaku pada buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi kalimat majemuk untuk kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 96%, ahli materi 90% dan ahli bahasa 98%. Hasil keterapan diperoleh dari angket respon siswa dan guru dengan persentase sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SDN 1 Moyoketen.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pradensi, Akilla Antris, Nugrananda Janattaka, dan Eka Yuliana Sari. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 1 MOYOKETEN KABUPATEN TULUNGAGUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3089–3098. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3940.
Bagian
Artikel

Referensi

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Anin Asnidar, & Junaid, J. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Semantik Berbasis Multimedia dengan Google Sites. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3467–3474. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3915

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Khair, S. N., Iskandar, R. S. F., & Sukmawati, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites pada Materi Segitiga dan Segiempat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 22, 201–209.

Prayudi, A., & Anggriani, A. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.59584/jundikma.v1i1.2

Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1520–1533.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama