PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III SDN PINANG 5 KOTA TANGERANG

Isi Artikel Utama

Nur Ahya Kamilatun
Warsito
Saktian Dwi Hartantri

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap tingkat kemandirian belajar pada siswa kelas tiga sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain kelompok kontrol yang hanya diberikan  posttest. Partisipan penelitian adalah 64 siswa kelas III di SDN Pinang 5, Kota Tangerang, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas III A sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B sebagai kelompok kontrol, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang terdiri dari 19 pernyataan valid dan reliabel yang mengukur enam aspek kemandirian belajar. Analisis data menggunakan uji-t sampel independen menunjukkan nilai t-hitung sebesar 8,833, yang lebih tinggi dari t-tabel (2,000), mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif secara efektif meningkatkan otonomi belajar siswa kelas III di SDN Pinang 5, Kota Tangerang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kamilatun, Nur Ahya, Warsito Warsito, dan Saktian Dwi Hartantri. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS III SDN PINANG 5 KOTA TANGERANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3673–3680. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3939.
Bagian
Artikel

Referensi

Adiningsih, F. D., Siregar, F. A., Febyanti, N., Kartika, R., & Amaluddin. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Pada Mata Pelajaran Negosiasi Kelas X Di Smk Pab 3 Medan. In Jurnal Dialect (Vol. 1, Issue 1).

Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., &indi Listiani, H. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF Teori Komperhensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar (Sepriano, Efrita, N. Yunita, & Y. Agusdi, Eds.).

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran (A. Rahman, Ed.).

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 1).

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosal, S. (2020). Blended Learning Dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran. http://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi

Eliza, G. Y., & Ain, S. Q. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org475

Fadhly, M., Aziz, M. A. Al, Sagara, B., & Wismanto. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Sederhana Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 86–95. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3

Friska Sari, W., Permata Sari, Y., Ayu Hazari, S., & Syarifuddin. (2023). Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SD Negeri 27 Palembang.

Hadi, M., & Sovitriana, R. (2019). Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta (Vol. 3).

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3, 527–532. https://wordwall.net/

Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia,2,186–194. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Minarta, S. M., & Pamungkas, P. H. (2022). Efektivitas Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. 2, 2549–2284.

Ningsih, F., Novrianti, Eldarni, & Hendri, N. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4196– 4203. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1500

Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Seni Kolaborasi (I. Mutianingtyas & B. A. Setiawan,Eds.).JejakPustakahttps://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=VRLUEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Nurdiyana+%26+Indriyani,+(2023)++jenis+jenis+medi+&ots=gJvLIAqC0t&sig=iApGFPX4zVD91PUlpzVk0GFtjxY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Pujiningsih, Y., Kurniawan, A. A., & Rahmawati, I. (2024). Analisis Penggunaan Poster Sebagai Media Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 02(01), 165–168.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Sofiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Meda Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. www.wordwall.net

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4),70.https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Rosmana, P. S., Ruswan, A., Alifah, A. N., Pratiwi, K., Fitriani, G., Huda, N., Ramadhani, S., & Nurnikmah, U. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran Guru Sekolah Dasar.

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. JurnalBasicedu,6(2),1845–1857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). ALFABETA, cv.

Tarumasely, Y., Halamuri, M., Sipahelut, Y., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi AI Membaca Perubahan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa di Indonesia (C. Sapulette, Ed.). Academia Publication.

Yunitasari, I., Sartika, N. S., & Mauladaniyati, R. (2024). Identifikasi Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mathla’ul Anwar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 10(1), 71–79. https://doi.org/10.30653/003.2024101.88

Zainwal, & Aulia, F. (2019). Kategorisasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Educatio, 14(1), 56–63. https://doi.org/10.29408/edc.v14i1.1407