PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN KEMBANGAN UTARA 01

Isi Artikel Utama

Sahla Sabilah
Warsito
Ahmad Arif Fadilah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa antara metode pembelajaran Inquiry dan metode konvensional (ceramah). Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas III A (30 siswa) dan III B (29 siswa) SDN Kembangan Utara 01, dengan sampel jenuh sebanyak 59 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman berbentuk essay, dari 15 soal hanya 10 yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pemahaman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil posttest Mann-Whitney diperoleh Zhitung: -3,792 dengan nilai signifikansi <0,001, sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa yang diajar dengan metode Inquiry lebih tinggi dibandingkan metode ceramah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sabilah, Sahla, Warsito Warsito, dan Ahmad Arif Fadilah. “PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN KEMBANGAN UTARA 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3662–3672. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3942.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Metode dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis) Sonpedia Publishing Indonesia : Jambi

Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E.F., Istiqomah, R.R., Fardani, R.A., Sukmana, D.J,.Auliya, N.H,. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. (Vol 5). Pustaka Ilmu : Yogyakarta

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). “Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). “Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136. http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2 553

Fadly, W. (2022). Metode-Metode Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bening Pustaka : Bantul

Harefa, E., Afendi, A.R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran. Sonpedia Publishing Indonesia : Jambi

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. (Vol. 8). Ediide Infografika : Malang

Mantayani, A., Susilowati., (2018). “Pengaruh Metode Pelatihan Penyelidikan Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.” Journal Pendidikan IPA, Volume 7 No 5.

Priartini, D. A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pedagogik, D., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2017). “Penerapan Metode Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Peserta Didik Sd”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 26–35.

Saka, B. G. S., Pakiding, A., Rubianus, R., & Silka, S. (2022). “Identifikasi Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Besaran Dan Satuan Di Sma 4 Toraja Utara.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 237–243. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2231

Sugiyono, (2009). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta : Bandung

Sugiyono. (2016). Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung

Sukmawati, A., Aini, F. N., & Zulfikar, M. F. (2023). “Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Lingua Skolastika, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.19184/linsko.v2i2.44124

Sukmayanti, A. (2017).” Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD.” Unnes Science Education Journal, 6(1), 1–11.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). “Kerangka berfikir penelitian kuantitatif.” Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Utami, A. D., Suriyah, P., & Mayasari, N. (2020). Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo. PENA PERSADA : Purwokerto

Wahyuni, R.S,. Arifin, S,. Puspitasari, I,. Astiswijaya, N,. Santika, R,. Oktaviane, Y., Zahro, U.C., Lestariani, N., Nurlaela, E., Sari, A.S.D., Kusumastiti, W., (2006). Metode-Metode Pembelajaran. Widina Media Utama : Bandung