PERAN GURU TK RAMADANI BEKASI DALAM MENGATASI ANAK PEMALU MELALUI PERMAINAN ROLE PLAY
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TK Ramadani Bekasi dalam mengatasi anak pemalu melalui permainan role play (bermain peran). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak pemalu. Melalui kegiatan role play, anak dilatih untuk berani berbicara, meniru peran sosial, dan berinteraksi dengan teman sebaya. Secara bertahap, anak menunjukkan peningkatan dalam hal kepercayaan diri, keberanian, serta kemampuan bersosialisasi. Kesimpulannya, metode bermain peran efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan sosial-emosional anak pemalu di pendidikan anak usia dini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aritiasari, R. 2023. Warga Sekolah. Apa Perannya Untuk Pendidikan?. Diunduh pada laman https://radaredukasi.com/2023/06/04/warga-sekolah-apa-perannya-untuk-pendidikan/. Oktober, 2025.
Fitri N. B., Aisyah, S. N., Nailis, D. L., Ardianti, S. D. 2025. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Teknik Bercerita Bergambar Pada Siswa Kelas 1. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 4(3), 238-242. https://doi.org/10.47233/jpst.v4i3.3240
Hafiyah, Y. N., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 12-24.
https://doi.org/10.69552/alihsan.v5i2.2259
Novan, A. 2022. Role Play: Model pembelajaran Bermain Peran. Diunduh pada laman https://pe.feb.unesa.ac.id/post/role-play-model-pembelajaran-bermain-peran. Oktober 2025
Nurhasanah, R.A. 2024. Peran Guru dalam Menangani Rasa Malu Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali (Studi Kasus Pada Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 46). Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2).
Nurwahyuni, N., & Khadijah, S. (2025). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelas II SD:(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 2 MI Nahdiyah Desa Tanah Tinggi Kecamatan Tapung Hilir). Student Scientific Creativity Journal, 3(2), 174-183. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v3i2.5572
Rifa, N., & Suryana, D. (2022). Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12533-12543.
Sholihah, I. P., Permatasari, D. I., & Rahayu, Y. (2023). Peranan Guru dalam Mengatasi Anak Pemalu di RA Darussalam Pangandaran. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(1), 17-24. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i1