PERAN GURU TK RAMADANI BEKASI DALAM MENGATASI ANAK PEMALU MELALUI PERMAINAN ROLE PLAY

Isi Artikel Utama

Anisya Fitriasari
Annisa Fadhilah
Resi Lovita
Imamah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TK Ramadani Bekasi dalam mengatasi anak pemalu melalui permainan role play (bermain peran). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak pemalu. Melalui kegiatan role play, anak dilatih untuk berani berbicara, meniru peran sosial, dan berinteraksi dengan teman sebaya. Secara bertahap, anak menunjukkan peningkatan dalam hal kepercayaan diri, keberanian, serta kemampuan bersosialisasi. Kesimpulannya, metode bermain peran efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan sosial-emosional anak pemalu di pendidikan anak usia dini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitriasari, Anisya, Annisa Fadhilah, Resi Lovita, dan Imamah. “PERAN GURU TK RAMADANI BEKASI DALAM MENGATASI ANAK PEMALU MELALUI PERMAINAN ROLE PLAY”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4532–4536. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4291.
Bagian
Artikel

Referensi

Aritiasari, R. 2023. Warga Sekolah. Apa Perannya Untuk Pendidikan?. Diunduh pada laman https://radaredukasi.com/2023/06/04/warga-sekolah-apa-perannya-untuk-pendidikan/. Oktober, 2025.

Fitri N. B., Aisyah, S. N., Nailis, D. L., Ardianti, S. D. 2025. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Teknik Bercerita Bergambar Pada Siswa Kelas 1. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 4(3), 238-242. https://doi.org/10.47233/jpst.v4i3.3240

Hafiyah, Y. N., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 12-24.

https://doi.org/10.69552/alihsan.v5i2.2259

Novan, A. 2022. Role Play: Model pembelajaran Bermain Peran. Diunduh pada laman https://pe.feb.unesa.ac.id/post/role-play-model-pembelajaran-bermain-peran. Oktober 2025

Nurhasanah, R.A. 2024. Peran Guru dalam Menangani Rasa Malu Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali (Studi Kasus Pada Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 46). Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2).

Nurwahyuni, N., & Khadijah, S. (2025). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelas II SD:(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 2 MI Nahdiyah Desa Tanah Tinggi Kecamatan Tapung Hilir). Student Scientific Creativity Journal, 3(2), 174-183. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v3i2.5572

Rifa, N., & Suryana, D. (2022). Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12533-12543.

Sholihah, I. P., Permatasari, D. I., & Rahayu, Y. (2023). Peranan Guru dalam Mengatasi Anak Pemalu di RA Darussalam Pangandaran. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(1), 17-24. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i1