PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI TK STRADA MGR. SUGIYOPRANOTO, SJ
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kepercayaan diri anak melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di TK Strada Mgr. Sugiyopranoto, SJ. Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial-emosional anak usia dini, yang dapat ditumbuhkan melalui pengalaman positif dan dukungan lingkungan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek lima anak peserta ekstrakurikuler tari dan dua guru pembimbing. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tari mampu meningkatkan keberanian anak dalam berekspresi, tampil di depan umum, serta berinteraksi dengan teman sebaya. Proses latihan rutin, apresiasi guru, dan dukungan teman turut memperkuat rasa percaya diri anak. Dengan demikian, ekstrakurikuler tari berperan efektif sebagai sarana pengembangan kepercayaan diri di lingkungan pendidikan anak usia dini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Hidayah, N., & Widodo, S. (2020). Pengaruh Kegiatan Seni Tari terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 25–34.
Yuliani, N. D., & Puspitasari, R. (2022). Seni Tari sebagai Sarana Ekspresi dan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(4), 1820–1831.
Nurjanah, S., & Kurniawati, D. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 145–156.
Kemendikbud. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Holistik Integratif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2020). Human Development (15th ed.). McGraw-Hill.
Rachmawati, S., & Wati, Y. F. (2023). Aktivitas Kelompok sebagai Media Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 120–130.