PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR YANG BERMAKNA DAN ADAPTIF TERHADAP KARAKTERISTIK SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Pengembangan bahan ajar yang bermakna dan adaptif telah menjadi kebutuhan mendesak dalam praktik pendidikan modern. Guru bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai perancang, inovator, dan evaluator bahan ajar yang mampu menjawab kebutuhan belajar siswa secara individual. Artikel ini merupakan studi literatur yang mengkaji peran guru dalam merancang bahan ajar yang relevan, kontekstual, serta berorientasi pada kebutuhan siswa. Melalui peninjauan berbagai penelitian tahun 2019–2025, ditemukan bahwa pengembangan bahan ajar adaptif dan bermakna berkontribusi signifikan terhadap motivasi, keterlibatan, dan capaian belajar siswa. Kajian ini menekankan bahwa penguatan kapasitas guru dan dukungan institusi pendidikan menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi bahan ajar yang berkualitas.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, N., & Anindita, R. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital Bermuatan Interkultural Untuk Membentuk Kewarganegaraan Global Siswa. 164–171.
Arini, N. M., & Sudatha, I. G. W. (2022). Bahan Ajar Muatan Ips Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. 5, 623–635.
Awwaliyah, H., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smp Tema Cahaya. Indonesian Journal Of Natural Science Education (Ijnse), 4(2), 516–523.
Doan, S., Woo, A., Shapiro, A., Bellows, L., & Kassan, E. B. (2025). Teachers ’ Use Of Instructional Materials From.
Halim, A., Sunarti, & Ibrahim. (2022). A Case Study On Teaching English With Differentiated Instructions At A Junior High School In Taiwan. 5(1), 136–153.
Hanifa, R., Yusuf, F. N., Yusra, S. R., & Suherdi, D. (2024). Adapting Efl Materials And Its Influences On Indonesia Secondary School Students ’ Language Learning. Asian-Pacific Journal Of Second And Foreign Language Education.
Hastanto, A. B., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pendamping Guru Dengan Model Webbed. 4, 2219–2234.
Hattie, J. (2025). The Impact Of Teaching Materials On Instructional Design And Teacher Development. April, 1–12.
Popescu, D. A., & Bold, N. (2025). A Systematic Model Of An Adaptive Teaching , Learning And Assessment Environment Designed Using Genetic Algorithms. 1–33.
Putra, G. S. (2023). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Misconception Tendency Of Differentiated Instruction In Publicly Shared Teaching And Learning Videos On Youtube : A Mixed- Methods Exploration Study Misconception Tendency Of Differentiated Instruction In Publicly Shared Teaching And Learning Videos On Youtube : A Mixed-Methods Exploration Study. 27(2).
Sadikin, I. S., Fatonah, K., Santosa, I., & Fadli, M. R. (2025). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Adaptif Berbasis Artificial Intelligence ( Ai ) Untuk Meningkatkan Kompetensi Digital Guru Di Sd Penggilingan 01 Jakarta. 6, 377–391.
Setiadi, H. W., Chun, A. C., Kurniawan, R. A., & Rindiani, E. P. (2024). Studi Literatur Tentang Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 18(1).
Shodikin, A., Lukito, A., & Manoy, J. T. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Smp Melalui Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal. 6(4).
Siregar, R., Ananda, R., & Afri, L. D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Dan Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Materi Turunan. 2, 580–589.
Uri, F., & Chanifuddin. (2024). Teachers And Learning : Efforts To Develop Students ’ Character. 197–211.
Widayati, S., Susanti, R., & Nahrowi, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan The Development Of Teaching Material With Contextual Approach Based On History Sites To Improve Character Education. 1(1).