IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB DI SEKOLAH CITA ALAM YOGYAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Pendidikan akhlak untuk menumbuhkan nilai kejujuran dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Citra Alam Yogyakarta memiliki tiga model kurikulum yaitu Kurikulum Akhlak, Kurikulum Alam, dan Kurikulum Pemerintah. Ketiga kurikulum ini kemudian diturunkan ke dalam berbagai metode pembelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik khususnya karakter kejujuran dan tanggungjawab yang dituangkan melalui proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu metode pembelajaran di Sekolah Citra Alam Yogyakarta adalah metode pendekatan direct line atau hubungan interaksi langsung antara guru dengan peserta didik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222
Budi, Y., Santosa, P., & Juhartono, T. (n.d.). Universitas Indraprasta PGRI Alam Sebagai Sekolah Alam Pertama di Indonesia.
Isrowiyatun, I., Syefi’i, I., & Jannah, S. R. (2024). Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Siswa di SDN Banjarsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 2(1), 7–12.
Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376
Maulida, A. (2014). KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK KELUARGA DAN MASYARAKAT DALAM HADITS NABAWI. 03.
Nashihin, H. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara.
Raihan, N. (2018). Model Pembelajaran Learning By Doing Di Sekolah Alam Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Pada Sekolah Citra Alam Ciganjur). Disertasi, 1–380.
Aeni, Nur. 2017. Pendidikan Karakter Antara Teori dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press. Amin, Muhammad. 2017. Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 1(1). Irawan, Fetiy. 2014. Penanaman Karakter kejujuran Pada Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi
Setianingrum, E. (2019). Nilai-Nilai Kejujuran Pada Anak Dalam Buku Petualangan Anak Laut dan Implikasi Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.
Lickona, T., Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues.
Daryanto, S. D. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Raihan, N. (2018). Model Pembelajaran Learning By Doing Di Sekolah Alam Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Pada Sekolah Citra Alam Ciganjur). Disertasi, 1–380.
Santosa, Y. B. P., Juhantoro, T., & Mulyanah, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Citra Alam Sebagai Sekolah Alam Pertama di Indonesia. WIKSA: Prosiding Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI, 1(1).
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Ttp: Pustaka Widyatama, Tt), P.6
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1994 tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil.
Sanjaya, Winna. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sagala,S., 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Ansori, Yoyo Zakaria. 2021. “Strategi Pendidik Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):261–70. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1208.
Budi, Yusuf, Prasetya Santosa, and Tjipto Juhartono. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Citra Alam Sebagai Sekolah Alam Pertama Di Indonesia.” WIKSA: PROSIDING PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI.
Julaiha, Siti. 2014. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Dinamika Ilmu 14(2):226–39. doi: 10.21093/di.v14i2.15.
Supriyadi, Edy. 2017. “‘Character Buildingfor Vocational Education.’” Seminar Nasional 1–11.
Azzarima, M., Rizky Pratama, H., & Settiya, M. W. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dasar. C.E.S, 1(1), 411–418. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19757/6753
Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.