IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB DI SEKOLAH CITA ALAM YOGYAKARTA

Isi Artikel Utama

Anggita Puspitasari
Rahmawati Rahmawati
Rachma Ulil Hidayah
Atika Aprilia
Erlian Adi Hayuningrum
Taufik Muhtarom

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  kurikulum  Pendidikan  akhlak  untuk  menumbuhkan  nilai  kejujuran  dan  tanggung  jawab.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.  Prosedur  pengumpulan  data  yang  dilakukan  dalam  penelitian  ini  yaitu  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  kesimpulan.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  Sekolah  Citra  Alam  Yogyakarta  memiliki  tiga  model  kurikulum  yaitu  Kurikulum  Akhlak,  Kurikulum  Alam,  dan  Kurikulum  Pemerintah.  Ketiga  kurikulum  ini  kemudian  diturunkan  ke  dalam  berbagai  metode  pembelajaran  yang  dapat  membentuk  karakter  peserta  didik  khususnya  karakter  kejujuran  dan  tanggungjawab  yang  dituangkan  melalui  proses  pembelajaran  yang  dilakukan.  Salah  satu  metode  pembelajaran  di  Sekolah  Citra  Alam  Yogyakarta  adalah  metode  pendekatan  direct  line  atau  hubungan  interaksi  langsung  antara  guru  dengan  peserta  didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspitasari, Anggita, Rahmawati Rahmawati, Rachma Ulil Hidayah, Atika Aprilia, Erlian Adi Hayuningrum, dan Taufik Muhtarom. “IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB DI SEKOLAH CITA ALAM YOGYAKARTA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 475–481. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2671.
Bagian
Artikel

Referensi

Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222

Budi, Y., Santosa, P., & Juhartono, T. (n.d.). Universitas Indraprasta PGRI Alam Sebagai Sekolah Alam Pertama di Indonesia.

Isrowiyatun, I., Syefi’i, I., & Jannah, S. R. (2024). Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Siswa di SDN Banjarsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 2(1), 7–12.

Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376

Maulida, A. (2014). KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK KELUARGA DAN MASYARAKAT DALAM HADITS NABAWI. 03.

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara.

Raihan, N. (2018). Model Pembelajaran Learning By Doing Di Sekolah Alam Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Pada Sekolah Citra Alam Ciganjur). Disertasi, 1–380.

Aeni, Nur. 2017. Pendidikan Karakter Antara Teori dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press. Amin, Muhammad. 2017. Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 1(1). Irawan, Fetiy. 2014. Penanaman Karakter kejujuran Pada Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi

Setianingrum, E. (2019). Nilai-Nilai Kejujuran Pada Anak Dalam Buku Petualangan Anak Laut dan Implikasi Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.

Lickona, T., Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues.

Daryanto, S. D. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Raihan, N. (2018). Model Pembelajaran Learning By Doing Di Sekolah Alam Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Pada Sekolah Citra Alam Ciganjur). Disertasi, 1–380.

Santosa, Y. B. P., Juhantoro, T., & Mulyanah, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Citra Alam Sebagai Sekolah Alam Pertama di Indonesia. WIKSA: Prosiding Pendidikan Sejarah Universitas Indraprasta PGRI, 1(1).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Ttp: Pustaka Widyatama, Tt), P.6

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1994 tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil.

Sanjaya, Winna. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala,S., 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Ansori, Yoyo Zakaria. 2021. “Strategi Pendidik Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):261–70. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1208.

Budi, Yusuf, Prasetya Santosa, and Tjipto Juhartono. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Citra Alam Sebagai Sekolah Alam Pertama Di Indonesia.” WIKSA: PROSIDING PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI.

Julaiha, Siti. 2014. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Dinamika Ilmu 14(2):226–39. doi: 10.21093/di.v14i2.15.

Supriyadi, Edy. 2017. “‘Character Buildingfor Vocational Education.’” Seminar Nasional 1–11.

Azzarima, M., Rizky Pratama, H., & Settiya, M. W. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dasar. C.E.S, 1(1), 411–418. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19757/6753

Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama