PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KLS IV SD/MI

Isi Artikel Utama

Anggi Jogi Marlinang Lubis
Deska Komala Al Finni’mah
Vivin Indah Sari
Firma Andrian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Outdoor Learning dan membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan bereksplorasi serta hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III UPTD SDN 3 Kapringan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus (Siklus I, II, dan III), dengan subjek 31 siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengukur penerapan model dan kemampuan eksplorasi, serta tes tertulis untuk mengukur hasil belajar. Kriteria keberhasilan klasikal ditetapkan jika $\geq 80\%$ siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada setiap siklus. Penerapan model Outdoor Learning oleh guru dan kemampuan bereksplorasi siswa meningkat secara bertahap dan mencapai kategori sangat baik pada Siklus III. Peningkatan hasil belajar terbukti dari kenaikan rata-rata kelas, dari 68,87 (Siklus I) menjadi 76,94 (Siklus III). Lebih lanjut, persentase ketuntasan klasikal meningkat tajam dari 51,61% (Siklus I) menjadi 90,32% (Siklus III), yang berarti kriteria keberhasilan telah tercapai. Dengan demikian, model pembelajaran Outdoor Learning terbukti efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan bereksplorasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Anggi Jogi Marlinang, Deska Komala Al Finni’mah, Vivin Indah Sari, dan Firma Andrian. “PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KLS IV SD/MI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 11, 2025): 4841–4853. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4336.
Bagian
Artikel

Referensi

Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Miranda, Dea, and Febrina Dafit. “Pengembangan Media Komik Digital Untuk Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD” 8, no. 5 (2024): 3649–57.

Muhaimin, Muhamad Reizal, and Danang Pratama Listryanto. “PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP” 4, no. 1 (2023).

Muslimin. Menumbuhkan Budaya Literasi Dan Minat Baca Dari Kampung. Kota Terbit: Penerbit, n.d.

Narestuti, Agi Septiari, Diah Sudiarti, Umi Nurjanah, Universitas Islam Jember, Jawa Timur, Komik Digital, and Hasil Belajar. “Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” 6, no. 20 (2021): 305–17.

Nisa, Rofiatun. “Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah,” n.d.

Rande, Ransi, Nurhadifah Amaliyah, and Eka Fitriana Hs. “KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH IDI TELLO BARU KOTA MAKASSAR” 10, no. September (2025).

Rande, Ransi, Nurhadifah Amaliyah, Media Pembelajaran, Membaca Pemahaman, Learning Media, and Reading Comprehension. “KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR” 2, no. 3 (2024): 113–20.

Setianingsih, Desi, Indah Nurmahanani, Nadia Tiara Antik Sari, and Universitas Pendidikan Indonesia. “Pengaruh Strategi Survey, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW, (SQ3R) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK” 09, no. September (2024).

Sukasih, Sri. “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI” 12, no. 1 (2023): 42–47.

Suradin, Meirza Nanda Faradita, and Ishwahyuni. “Meningkatkan Minat Membaca Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Komik ,” 2003, 219–26.

Syahfitri, Dhea Mutiara, and Mandra Saragih. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Usia Sekolah Dasar,” 2025, 45–58.