ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKILAH DASAR

Isi Artikel Utama

Desi Hidayanti
Juar Lidiya Sumadiono
Tri Wahyuni
Firma Andrian
Ahmad Madkur

Abstrak

Pemahaman konsep IPA di sekolah dasar merupakan fondasi penting, namun pembelajaran yang bersifat konvensional sering kali menghambat pemahaman mendalam siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SD N 1 Metro Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran materi magnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Secara kuantitatif, 13 dari 22 siswa (59%) mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata kelas 70. Secara kualitatif, siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi, kemampuan menjelaskan konsep dengan bahasa sendiri, dan keterlibatan aktif selama pembelajaran. Model ini terbukti efektif dalam membantu siswa membangun pemahaman konsep secara mandiri melalui tahapan stimulasi, pengumpulan data, dan generalisasi. Kendala teknis menjadi tantangan, namun secara keseluruhan, Discovery Learning merupakan alternatif pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hidayanti, Desi, Juar Lidiya Sumadiono, Tri Wahyuni, Firma Andrian, dan Ahmad Madkur. “ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKILAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 8, 2025): 4623–4629. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4323.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif.

Hunaina, Najma Hunaina Najma, dan Awalina Barokah Awalina Barokah. 2025. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV DI SD Negeri Sukarahayu 01.” 10(3):305–17.

Latifah, Anis, Mu’jizatin Fadiana, dan Fadhilatun Nisa. 2025. “Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” 5(2):1162–71.

Nursa’ban, Eva, Ewisahran, dan Fathurrahmaniah. 2025. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.” 4(8):941–55.

Rengganawati, Hana, dan Yuyun Taufik. 2020. “Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan.” 6(1):28–50. doi: 10.38204/komversal.v6i1.496.

Sasingan, Mardince, Alice Yeni, dan Verawati Wote. 2022. “Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” 5(1):42–47.

Sayangan, Yohanes Vianey, Luxcya Martir Wona Una, dan Veronika Yuliana Beku. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS.” 14(3):757–66.

Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ).” 7(1):2896–2910.