PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SD NEGERI 376 SIKARA-KARA III KECAMATAN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL

Isi Artikel Utama

Suparti Suparti
Nurbaiti Nurbaiti
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model picture and picture subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku IV SD Negeri 376 sikara-kara III. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 376 sikara-kara III. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 57,8 % aktivitas siswa dan 68% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 76% aktivitas siswa dan 84% aktivitas guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 52,63% atau 20  orang siswa sudah mencapai KKM, 47,36% atau 18 siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 89,4% atau 34 orang siswa sudah mencapai KKM 10,36% atau 4 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 36,77%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama dinegeriku pada mata pelajaran PPKn  dikelas IV SD Negeri 376 Sikara-kara III.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suparti, Suparti, Nurbaiti Nurbaiti, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SD NEGERI 376 SIKARA-KARA III KECAMATAN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 347–358. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/441.
Bagian
Artikel

Referensi

Komara Fajriah Hasanah Tri Dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ivb Sdn 136 Pekanbaru Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 2, 2020 P-Issn: 2615-O62x E-Issn:2622-3554.

Pane Aprida 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 03, No. 02, Desember 2017.

Prihatiningsih Eko Dan Eunice Widyanti Setyanigtyas. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Mathc Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jpsd Vol. 4, No. 1, Maret 2018 Issn 2540-9093.

Santoso Hermawan Budi Dan Subagyo. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (Plb) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017.

Sumarni. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan (Jmp Online). Vol. 3, No. 2, Februari 2019 E-Issn 2550-0481 P-Issn 2614-7254.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>