PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT

Isi Artikel Utama

Mahmud Yunus Hasibuan
Tamin Ritonga
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III SDN 200409 Padangsidimpuan yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari perencaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflektion). Instrumen penelitian yaitu berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes objektif. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase sama dengan  frekuensi yang dicari persentasenya dibagi jumlah frekuensi/banyaknya individu. Hasil belajar sebelum menggunakan model dengan nilai rata-rata 70,00 dengan pencapaian belum tuntas. Setelah dilakukan Siklus I hasil belajar naik menjadi 75,04 tetapi masih berada pada pas nilai KKM. Sehingga, dilanjutkan Siklus II dengan hasil belajar naik menjadi 86,64 dengan pencapain tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yunus Hasibuan, Mahmud, Tamin Ritonga, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 2 (Mei 3, 2021): 1–4. Diakses Maret 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/31.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>