ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD TEMA 2 SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KURIKULUM 2013

Isi Artikel Utama

Nurzanna Nurzanna
Ilham Sahdi Lubis
Sartina Harahap
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian tujuan pembelajaran kegiatan pembelajaran  dan penilian didalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 dan melihat Kesesuaian Materi didalam buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 untuk menetahui pembelajaran tema 2 subtema Selalu Berhemat Energi yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan buku pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 100870 Tapian Nadenggan Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melihat mengajar guru terhadap 28 siswa kelas IV SD Negeri 100870 Tapian Nadenggan Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, anagket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan kesimpulan. Hasil Penelitian Pembelajaran tema 2 subtema Selalu Berhemat Energi yang dilakukan buku pembelajaran oleh guru dalam menggunakan buku pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 100870 Tapian Nadenggan Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara sudah baik.Melakuakan proses pembelajaran secara tatap muka walaupun dengan batasan waktu yang ditentukan dari pihak sekolah. Untuk media pembelajaran guru menggunakan buku guru , buku siswa dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada sistem pembelajaran saat ini, tentunya guru harus memiliki solusi yang kreatif dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa.


 


 


Kata Kunci:Analisis Kesesuaian Buku,Sumber Energi , Hemat Energi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurzanna, Nurzanna, Ilham Sahdi Lubis, Sartina Harahap, dan Nurbaiti Nurbaiti. “ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD TEMA 2 SUBTEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KURIKULUM 2013”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 37–46. Diakses April 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/198.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>