UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 155688 MUARA SIBUNTUON TAPANULI TENGAH

Isi Artikel Utama

Esti Meliana Siregar
Nurbaiti Nurbaiti
Sartika Rati Asmara Nasution
Eko Sucahyo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran Contextual Teaching and learning hasil belajar tema 6 subtema 1 sumber energi di kelas III SD Negeri Muara Sibuntuon Tapanuli Tengah, dan Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Contextual Teaching and learning hasil belajar tema 6 subtema 1 sumber energi di kelas III SD Negeri Muara Sibuntuon Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). ini insrumen peneliti yang digunakan peneliti adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneliti ini sebagai berikut: Observ asi , Tes , dan Dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada tema 6 subtema 1 sumber energi mengalami peningkatan hasil belajar terbukti dari siklus I mendapatkan nilai rata-rata kelas 70% dengan kriteria “cukup” dan untuk persentase yang tuntas belajar sebanyak 9 orang atau 47,36% dan tidak tuntas 10 orang atau 52,63% dari 19 siswa meningkatkan pada siklus II pembelajaran tema 6 subtema 1sumber energi mendapatkan nilai rata-rata 83,1% dengan kriteria “tinggi” dan untuk persentase yang tuntas sebanyak 15 orang atau 78,94% dan yang tidak tuntas 4 orang atau 21,05%. Hal tersebut sudah mencapai target yang peneliti tetapkan dengan kriteria tingkat keberhasilan siswa 71-85 sudah termasuk kriteria “tinggi”. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor akhir pembelajaran 88 dengan kriteria “tinggi” menjadi dengan 94 dengan kriteria “sangat tinggi” pada siklus II. Begitupun dengan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor akhir pembelajaran 80 dengan kriteria “tinggi” menjadi 90 dengan kriteria “sangat tinggi” pada siklus II.


 


Kata kunci: hasil belajar, contextual teaching and learning

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Meliana Siregar, Esti, Nurbaiti Nurbaiti, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Eko Sucahyo. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 155688 MUARA SIBUNTUON TAPANULI TENGAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 211–218. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/671.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>