PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SDN 101040 AEK SIGAMA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Ulfa Daulay
Sukriadi Hasibuan
Weni Aulia

Abstrak

ABSTRAK


 


Daulay, Ulfahma. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Keanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SDN 101040 Aek Sigama Kabupaten Padang Lawas Utara”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. InstitutPendididkan Tapanulisi Selatan.


 


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada subtema Keanekaragaman hewan dan tumbuhan di kelas IV SDN 101040 Aek Sigama Kabupaten Padang Lawas Utara dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar Siswa, lembar observasi pendidik, penilaian aktivitas Siswa lembar observasi Siswa, penilaian sikap dan aktivitas Siswa, untuk mengetahui kegiatan guru dan Siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas Siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 101040 Aek Sigama Kabupaten Padang Lawas Utara yang berjumlah 12 siswa. Peningkatan hasil belajar Pada Pembelajaran Subtema Keanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan  diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa Pembelajaran Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan pada kondisi awal (pra-siklus) 60,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 33% (4 siswa) dari 12 siswa yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKM). Siklus I sebesar 68,75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58% (7 siswa) yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKM). Siklus II sebesar 75,41 dengan ketuntasan klasikal 67% (8 siswa) yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKM).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Daulay, Ulfa, Sukriadi Hasibuan, dan Weni Aulia. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SDN 101040 AEK SIGAMA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 2 (Mei 3, 2021): 40–46. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/92.
Bagian
Artikel