PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGANMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS III SDNEGERI 101270 PADANG BOLAK TENGGARA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Nursanti Siregar
Nurbaiti Nurbaiti
Weni Aulia

Abstrak

Hasil observasi melakukan pengamatan dan wawancara dengan guru-guru khususnya guru di SDNegeri 101270 Padang Bolak Tenggara,pembelajaran yang dilakukan pada kelas awal SD masih terpisah-pisah  berdasarkan mata pelajaran dan guru belum mengaitkan satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan mengembangkan pembelajaran tematik dengan model kooperatif tipe STAD pada peserta didik di kelas III SD SD Negeri 101270 Padang Bolak Tenggara. Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan sumber belajar dan peserta didik dengan guru. Kegiatan pembelajaran akan bermakna bagi peserta didik jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi peserta didik. Jenis Penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.penelitian tindakan kelas terdiri atas komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pembelajarn tematik dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD pada siklus II sudah berjalan dengan baik, karena pada siklus I praktisi sudah mencapai tujuan dengan jelas sehingga pembelajaran terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siregar, Nursanti, Nurbaiti Nurbaiti, dan Weni Aulia. “PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGANMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS III SDNEGERI 101270 PADANG BOLAK TENGGARA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 88–91. Diakses Juli 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/272.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>