PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS V SDN NO. 100204 SIHOPUR

Isi Artikel Utama

Susi Susanti
Samakmur Samakmur
Weni Aulia

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik  Subtema Suhu dan Kalor  pada ranah kognitif menggunakan model pembelajaran Make A Macth. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN No. 100204 Sihopur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode deskritif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil ulangan harian subtema Suhu dan Kalor yang diperoleh pada observasi awal dari 13 peserta didik yang tuntas belajar 4 orang dengan persentase 30,77% dan yang tidak tuntas 9 orang dengan persentase 69, 23%, pada siklus I yang tuntas belajar 7 orang dengan persentase 53,84% dan yang tidak tuntas belajar 6 orang dengan persentase 46,16%, pada siklus II yang tuntas belajar 9 orang dengan perse


ntase 69,24 dan yang tidak tuntas 4 orang dengan persentase 30,77%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN. No.100204 Sihopur.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susanti, Susi, Samakmur Samakmur, dan Weni Aulia. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS V SDN NO. 100204 SIHOPUR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 140–146. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/61.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>