Belajar Fotosintesis dengan Edugame Berbasis Android di SD N 100511 Aek Latong

Isi Artikel Utama

Ermawita
Mhd. Irwan Soleh Ritonga
Rahmad Fauzi
Togar Harahap

Abstrak

Software, Aplikasi, Game Edukasi, Monopoli, Media Pembelajaran dan Pembelajaran Biologi


Oleh Restiana Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi di SMA YP Unila Bandar Lampung dinilai belum maksimal dan media pembelajaran yang kurang praktis. Siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software aplikasi game edukasi Monopoli sebagai penunjang pembelajaran biologi, untuk mengetahui kelayakan software aplikasi game edukasi monopoli sebagai penunjang pembelajaran biologi dan untuk mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap daya tarik aplikasi game edukasi monopoli. software sebagai penunjang pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) Sugiono melalui tujuh tahapan, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji lapangan menggunakan uji skala kecil dan pengujian skala luas. Teknik analisis data meliputi angket validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: Telah dikembangkan perangkat lunak aplikasi game edukasi Monopoli sebagai penunjang pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ermawita, Mhd. Irwan Soleh Ritonga, Rahmad Fauzi, dan Togar Harahap. “Belajar Fotosintesis Dengan Edugame Berbasis Android Di SD N 100511 Aek Latong”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 164–169. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1040.
Bagian
adam

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama