PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PELUANG USAHA BAGI GENERASI MUDA DI DESA SIALAGUNDI

Isi Artikel Utama

Hanifah Nur Nasution
Lukman Hakim Siregar
Rahmad Fauzi
Ermawita
Ahmad Zainy
Arsyad Harahap
Hotmaida Lestari Siregar
Sari Wahyuni Rozi Nasution
Lia Purnama Sari
Mara Judan Rambey
Ilham Sahdi Lubis
Kasmuddin Harahap

Abstrak

Sosisalisasi di Desa ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023, yang berlokasi di desa Sialagundi, Kecamatan Sipirok. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dilaksanakan karena kami melihat terdapat ketertinggalan yang cukup signifikan dalam pengetahuan akan  perkembangan teknologi khususnya di Desa Sialagundi yang mengakibatkan para warga di desa tersebut belum sepenuhnya dapat menikmati layanan maupun kemudahan yang sudah di nikmati oleh khalayak ramai di luar desa tersebut. Yang dimana kami menggunakan media pembelajaran interaktif sebagai alat bantu pemaparan pengabdian ini. Metode pengabdian pada masyarakat ini dilakukan untuk melihat dan menilai sejauh mana masyarakat memahami teknologi yang digunakan setiap hari terutama gadget. Menurut masyarakat setempat dengan dilakukan pemaparan dan sosialisasi hari ini itu sangat membantu untuk pemahaman dan pengetahuan teknologi guna pakai untuk kehidupan sehari hari baik membantu dari segi ekonomis dan membantu anak anak dalam pembelajaran. Dengan adanya kegiatan ini sedikit membantu untuk mempermudah masyarakat dalam memahami materi yang dipelajari dengan adanya model pembelajaran yang menarik sehingga menarik minat masyarakat dalam belajar baik kalangan dewasa maupun anak-anak. Selama berlangsungnya kegiatan, pengabdian dilakukan dalam bentuk sosialisasi cara pembelajaran menyenangkan di desa agar hasil evaluasi nilai masyarakat baik oleh karena itu adapun metode teknologi ini ini agar mempermudah masyarakat dalam mengerti dan memahami pembelajaran yang telah di pelajari. Setelah pengabdian selesai, masyarakat jadi tahu bahwa belajar bukan hanya memperhatikan, menulis dan mendengarkan saja, tetapi dengan adanya teknologi handphone yang sering digunakan belajar menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah di pahami dan diingat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peran aktif dan antusiasme mereka dalam melaksanakan kegiatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian di desa ini di antara nya untuk mengajarkan dan mengajak masyarakat belajar agar lebih santai dengan menggunakan teknologi yang mereka miliki saat ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Hanifah Nur, Lukman Hakim Siregar, Rahmad Fauzi, Ermawita, Ahmad Zainy, Arsyad Harahap, Hotmaida Lestari Siregar, Sari Wahyuni Rozi Nasution, Lia Purnama Sari, Mara Judan Rambey, Ilham Sahdi Lubis, dan Kasmuddin Harahap. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PELUANG USAHA BAGI GENERASI MUDA DI DESA SIALAGUNDI”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 10, 2023): 404–408. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1632.
Bagian
adam

Referensi

Abrar, A.N. (2003). Teknologi Komunikasi, Perspektif Ilmu Komunikasi. LESFI : Yogyakarta. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahastya.

Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Rev.ed). Jakarta: Bumi Aksara.

Asmani, J.M. (2011). Buku Panduan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Modern, Tips Efektif Pemanfatan Teknologi Inforamsi Dankomunikasi dalam Dunia Pendidkan. Yogyakarta: Diva Press.

Baharuddin&Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Dedi, M. (2011). Pendidikan yang Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosda Karya. Depdikbud. (2011). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdikbud. (2011). Undang-Undang RI Nomor 8, Tahun 2011, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Fauziah dan H

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama