SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN SEJAK USIA DINI

Isi Artikel Utama

Ismi Suryani Harahap
Rizky Amelia Dona Siregar
Gusti Rahmadani Harahap
Elsa Kania Hasibuan

Abstrak

 


Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan harus ditanamkan sejak dini. Membiasakan hidup bersih dan sehat dapat dilakukan oleh semua orang tidak terkecuali oleh anak-anak kecil. Membiasakan hidup bersih dan sehat dapat kita mulai dari hal-hal kecil seperti membiasakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan berbagai kegiatan terutama sebelum makan, sesudah bermain, membiasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan selalu membiasakan diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Dari hal-hal kecil tersebut kita dapat memulai untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga dapat menciptakan derajat kesehatan yang baik sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Sasaran dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah anak-anak usia sekolah dasar yang ada di SD Negeri 100304 Desa Tapus Pargarutan Dolok, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan.Pelaksana dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyampaian materi mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Pada materi disampaikan dampak atau penyakit yang akan diderita oleh anak-anak bila tidak mencuci tangan mereka dengan baik dan benar.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat dinyatakan berhasil karena adanya respons yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi dari anak-anak.


 


 


Awareness of the importance of maintaining cleanliness and health must be instilled from an early age. Getting used to a clean and healthy life can be done by everyone, including small children. Getting used to a clean and healthy life can be started from small things such as getting used to washing hands before doing various activities, especially before eating, after playing, getting used to maintaining dental and oral health, and always getting used to always throwing garbage in its place. From these little things we can start to create a clean and healthy environment so as to create a good degree of health so as to avoid various kinds of diseases. The target of the implementation of this Community Service is elementary school age children in SD Negeri 100304 Tapus Pargarutan Dolok Village, East Angkola District, South Tapanuli Regency. The implementers of this Community Service activity are students of the South Tapanuli Education Institute, Faculty of Mathematics and Natural Sciences Education. The activities carried out included delivering material on how to wash hands properly and correctly. At the time of delivery, the children were invited to be directly involved in practicing good and correct hand washing. This Community Service Activity could be declared successful because of the very good response and high enthusiasm of the children.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ismi Suryani Harahap, Rizky Amelia Dona Siregar, Gusti Rahmadani Harahap, dan Elsa Kania Hasibuan. “SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN SEJAK USIA DINI”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 236–241. Diakses April 20, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1146.
Bagian
adam