EDUKASI PENCEGAHAN TB PARU PADA REMAJA DI SMK KESEHATAN KADER BANGSA PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Riki Rinaldi
Silvia Indra

Abstrak

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan terhadap penyakit Tuberkulosis (TB) paru pada remaja khususnya siswa SMK Kesehatan Kader Bangsa Palembang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan dengan media powerpoint (ppt) dan Pre Test dan Post Test dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa.  Hasil dari pre test dan post test di dapat adanya peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa dalam penularan serta pencegahan penyakit TB Paru. Yang mana tingkat pemahan sebelumnya sebesar 45,6 setelah dilakukan penyuluhan tingkat pemahan siswa naik menjadi 85,6 terhadap penularan dan pencegahan TB Paru pada remaja.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rinaldi, Riki, dan Silvia Indra. “EDUKASI PENCEGAHAN TB PARU PADA REMAJA DI SMK KESEHATAN KADER BANGSA PALEMBANG”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 13–16. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1329.
Bagian
adam

Referensi

Ramadhany, S., Achmad, H., Singgih, M., Ramdhany, Y., Inayah, N., & Muthaminnah, N. (2020). A Review: Knowledge and Attitude of Society toward Tuberculosis Disease in Soppeng District. Sys Rev Pharm , 11(5), 57 62.

Notoatmodjo (2011). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyudi WT, Suprihatin S (2019). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Deteksi Dini Penyakit Tb Paru. Holistik J Kesehatan. 13(2):92–101.

Rahman F, Adenan A, Yulidasari F, Laily N, Rosadi D, Azmi AN (2017). Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Upaya Pencegahan Tuberkulosis. Media Kesehat Masy Indones. 2017;13(2):183.