PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) KESEHATAN CARA MENCUCI TANGAN DENGAN BAIK DAN GOSOK GIGI BERSAMA DI SDN 1 SUNGAI KEDUKAN

Isi Artikel Utama

M Nabil
Rima Ernia
Ririn Noviyanti Putri
Rina SE Sitindaon

Abstrak

Perilaku hidup bersih dan sehat adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Usia sekolah adalah masa yang baik untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga anak tersebut berpotensi sebagai agen perubahan untuk promotor PHBS, baik dilingkungan masyarakat, sekolah maupun keluarga. Beberapa anak menunjukkan perilaku yang tidak sehat seperti lebih suka menkonsumsi makanan yang tidak sehat yang tinggi lemak, gula, garam, rendah serat, meningkatkan risiko hipertensi, diabetes mellitus, obesitas dan sebagainya. Selain itu, ditemukan pula anak yang tidak menggosok gigi pada saat mandi dan sebelum tidur sehingga gigi mereka berlubang. Desa sungai kedukan merupakan wilayah wilayah urban, secara umum memiliki pola hidup perkotaan, yang mengalami kemudahan teknologi membuat perubahan pola hidup terutama pola makan dan kurangnya aktivitas fisik. Kondisi inilah yang menjadi ide penelitian penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Setelah kegiatan PKM ini berakhir, diharapkan dapat mewujudkan pendidikan kesehatan untuk menanamkan nilai-nilai PHBS sehingga berpotensi sebagai agen perubahan untuk mempromosikan PHBS baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nabil, M, Rima Ernia, Ririn Noviyanti Putri, dan Rina SE Sitindaon. “PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) KESEHATAN CARA MENCUCI TANGAN DENGAN BAIK DAN GOSOK GIGI BERSAMA DI SDN 1 SUNGAI KEDUKAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 101–104. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1774.
Bagian
adam

Referensi

Adiwiryono, RM. 2010. Pesan Kesehatan :Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka

Kemendikbud. Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan 2017/2018 (Data and Statistic of Education and Culture). Jakarta; 2018.

Kemkes RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013 (Health Profile of Indonesia in 2013). Jakarta; 2014.

Kweruh, H. (2016) ‘Hubungan Jenis Kelamin, Pengetahuan, Sikap, dan Peran Guru Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SD Negeri 25 Begori Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang’, Jurnal Wawasan Kesehatan, 2(2), pp. 68–71.

Najihah. Penerapan PHBS Kesehatan Gigi dan Gosok Gigi Massal. Indonesian Journal of Community Dedication (IJCD). 2020; 2(1)

Wati PD, Ridlo IA. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2014.

Suryani DM, Maretalinia, Suyitno, The Clean And Healthy Life Behavior (PHBS) Among Elementary School Students In East Kuripan, West Nusa Tenggara Province. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Mar 2020, 11(1):10-22