KEGIATAN EDUKASI KESEHATAN AUDIO VISUAL DALAM PENANGANAN DYSMINORE REMAJA PUTRI DI SMK KESEHATAN KADER BANGSA PALEMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dysminore merupakan gangguan menstruasi yang sering dialami oleh perempuan, pada beberapa penderita disminore yang dirasakan adalah nyeri atau sakit perut bagian bawah selama menstruasi, dan juga dapat dirasakan menjalar hingga ke panggul, punggung bawah atau paha. Rasa sakit bersifat spasmodic (kram) yang dapat mengganggu aktivitas. Dysmenore dapat timbul akibat gangguan pada organ reproduksi, faktor hormonal maupun faktor psikologis dan dapat menimbulkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan suatu intervensi keperawatan melalui edukasi kesehatan dengan audio visual untuk mengatasi dysminore yang dialami remaja putri. Pengabdian telah dilaksanakan dengan metode yaitu membuat kegiatan edukasi kesehatan menggunakan media audio visual terhadap 26 orang siswi SMK Kesehatan Kader Bangsa Palembang. Hasil dari pengabdian ini bahwa partisipan dari kegiatan edukasi ini antusias saat proses kegiatan, dan didapatkan penurunan nyeri dysminore yang dialami siswi SMK Kesehatan Kader Bangsa Palembang.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Beverlee Leevia Kawalo, & Sitompul, M. (2022). Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dismenore Di Sma Advent Tompaso. Jurnal Kesehatan, 10(1), 15–22. https://doi.org/10.55912/jks.v10i1.47
Dolang, M. W., Djarami, J., Dusra, E., & Simanjuntak, Y. F. (2023). Edukasi penanganan dismenore pada remaja putri. 7(1), 1–2.
Fatmawati. (2020). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Skor Nyeri Pasien Post Operasi Fraktur di RSUD Kota Madiun. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Fatmawati, E., & Aliyah, A. H. (2020). Hubungan Menarche dan Riwayat Keluarga dengan Dismenore (Nyeri Haid). Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(1), 12–20.
Ni Komang Desian, Ni Luh Putu dina susanti, N. W. M. P. (2022). pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan persepsi dan prilaku remaja putri dala upaya penanganan dysminorea. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Persepsi Dan Perilaku Remaja Dalam Upaya Penanganan Dysminorea, 10(1), 1–52 https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Puspita, D. A. (2022). Gambaran Pengetahuan Dan Penanganan Dismenorea Pada Remaja Putri Di Desa Ngrayung Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 6(2), 117. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v6i2.3642
Puspitasari, Y., & Oktarida, Y. (2022). karakteristik faktor risiko remaja putri terkait dengan kejadian dismenorea. 2(3), 424–430.
Saputri, N., Andar, S., Astuti, P., & Rizky, A. W. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan penanganan dismenore primer pada remaja putri. 6.
Sulistiyowati, A. N., & Popang, C. T. (2022). pengaruh pengetahuan tentang dysmenorhea terhadap aktivitas belajar di SMA 3 nnabire. 16–25.
Widyanthi, N. M., Resiyanthi, N. K. A., & Prihatiningsih, D. (2021). Gambaran Penanganan Dismenorea Secara Non Farmakologi Pada Remaja Kelas X Di Sma Dwijendra Denpasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1745–1756.