PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PENERAPAN SILA PERTAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DIKELAS 5 SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE. CTL

Isi Artikel Utama

Kamisah Kamisah
Sri Rahayu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Contextual Teaching and Learning, melihat gambaran hasil belajar PKn materi penerapan sila pertama pancasila sebelum dan sesudah menggunakan model CTL, dan melihat pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning pada peserta didik kelas V SD Negeri No. 200402 Sabungan Jae. Jenis penilitian ini menggunakan penelitian Eksperimental dengan pre-test dan post-test desain. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V baik dari kelas VA dan VB dengan populasi 39 orang dan yang menjadi sampel ialah keseluruhan populasi tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Untuk hasil observasi diperoleh rata-rata 3,33 dengan kategori sangat baik, Hasil pre-test memperoleh skor rata-rata sebesar 56.22 (kategori cukup) dan hasil post-test memperoleh rata-rata 80,5 (Kategori Sangat Baik). Setelah pengujian hipotesis diketahui bahwa hasil penelitian t hitung sebesar -204,174 dan t tabel 1.689 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df) 1 - 40. Kemudian kedua nilai tersebut dibandingkan ditemukan bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel (-204,174 < 1.689). Artinya, tidak terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran CTL dalam penerapan sila pertama dalam kehidupan sehari hari.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kamisah, Kamisah, dan Sri Rahayu. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PENERAPAN SILA PERTAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DIKELAS 5 SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE.: CTL”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (Februari 8, 2025): 45–59. Diakses Februari 22, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/2821.
Bagian
adam

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Asmar, dkk. 2020. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Berbasis Vidio. Jawa Barat: Guepedia.

Asril dan Nurul Zaman. 2019. Pendidikan Pancasila. Kajian Historis, Ideologi, dan Agamis.

Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Harahap, Nurlina Ariani dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Hasibuan, Idrus. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma.

Vol.11 No (1).

Muslimah, Neni Nadiroti dan Eko Fajar Suryaningrat. 2021. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No (3)

Roswan, Syarifah. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Keseimbangan Ekosistem Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas VI SDN I Manggeng. Jurnal Pendidikan Pengabdian Vokasi. Vol 1 No (3).

Sabroni, Doni. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pemdidikan Matematika.

Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario dkk. 2022. Model-Model Pembelajaran. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Sugiarto, Toto. 2020. Contextual Teaching and Learning (CTL) Tingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Cv. Mine.

Tuhuteru, Laros. 2022. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Sumatra Barat: Cv. Azka Pustaka. Yanto, Dwi. 2016. Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pandangan Hidup dalam Kehidupan

Sehari-Hari. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. Vol.14 No. 25

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama