MELEPAS LARA, MENAMBAH KHAZANAH BERBAHASA MELALUI LITERASI

Isi Artikel Utama

Mina Syanti Lubis
Bintang Immanuella Sidabuke
Erlisa Kambera Nauli Lumbantobing

Abstrak

Kegiatan PKM-PM ini bertujuan untuk memberi dukungan psikososial kepada siswa-siswi di SD Negeri 101106 Sipange Siunjam yang terkena dampak banjir bandang. Bencana banjir di Desa Sipange Siunjam, Sayur Matinggi terjadi pada Jumat malam, 22 November 2024. Banjir tersebut mengakibatkan kerusakan fisik rumah dan sekolah hingga trauma psikologis. Mereka harus tinggal di rumah pengungsian dan belajar di rumah-rumah yang tidak terlalu terdampak banjir. Bentuk pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah dukungan psikososial dengan metode playtherapy literasi melalui dongeng berbantuan Powerpoint. Ada pun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3). Program “Melepas Lara, Menambah Khazanah Berbahasa melalui Literasi” telah memberikan kontribusi nyata dalam proses pemulihan pascabencana sekaligus peningkatan kompetensi literasi peserta didik. Kegiatan ini menunjukkan bahwa literasi bukan hanya alat untuk mencerdaskan, tetapi juga sarana untuk menyembuhkan, menguatkan, dan memanusiakan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Mina Syanti, Bintang Immanuella Sidabuke, dan Erlisa Kambera Nauli Lumbantobing. “MELEPAS LARA, MENAMBAH KHAZANAH BERBAHASA MELALUI LITERASI”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (September 2, 2025): 158–166. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/3358.
Bagian
adam

Referensi

Chauhan, Nidhi., dkk. (2024). Play Therapy: An Analytical Mode of Therapy in Children. Journal of Indian Association for Child and Adolescent Mental Health. 20(2), 136–146.

Indreswari, Henny, dkk. (2022). Play Therapy Bermuatan Permainan Tradisional untuk Melatih Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Jurnal Konseling Indonesia. 7(2), 65–74.

Maknun, Lu’luil, Fitri Adelia. (2023). Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran di MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS). (3)1, 35–41.

Mulyadi. (2012). Respon Traumatik Anak-Anak Korban Banjir Bandang di Wasior. Jurnal Sosiohumaniora. 14(1), 12–23.

Shofwan, Arif Muzayin. (2022). Manfaat dan Tujuan Mendongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 2(2), 270–280.

Suryadi, Yadi., dkk. (2024). Penerapan Pendidikan Bencana dalam Membangun Kesiapsiagaan Sekolah Dasar dari Risiko Bencana. Jurnal Basicedu. 8(1), 633–642.

Susanti, Ruth Natalia, dkk. (2024). Menghidupkan Kembali Senyum dan Asa: Sinergi Play Therapy dan Psychological First Aid bagi Korban Banjir Demak. Madaniya. 5(2), 622–632.