Peranan Guru PKn dalam Mengembangkan Karakter untuk di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Penulis

  • Riswandi Harahap

Kata Kunci:

Kata kunci: Peranan, guru PKn, karakter

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui (1)Apa saja peranan guru pkndalammengembangkankarakter untuk  ,(2)kendala guru dalammengembangkankarakter  untuk  ,dan (3) upaya yang dilakukan guru pkndalammengembangkankarakter untuk   di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.. Metode penelitian menggun akan  metode kualitatif. Informan dalam penelitian  ini  adalah kepala sekolah, guru PKn, guru wali kelas, guru di bidang ke untuk  an, satpam, dan  untuk  . Teknik pengumpulan data menggun akan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian  ini  menggun akan  teknik triangulasi. Adapun teknik analisis data yang digun akan  dalam penelitian  ini  yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian  ini  menunjukkan (1)  Peranan yang dilakukan oleh guru PKn dalam mengembangkan  karakter  untuk   yaitu teladan, inspirator,motivator,dinamisator, sertaevaluator(2) kendala yang di hadapi oleh guru PKn dalam  mengembangkan karakter displin  untuk   yaitupengaruhlingkungankeluarga dan masyarakat,  untuk  kurang bertanggungjawab, pengaruhiperilaku negative  dari   teman sebaya, serta malas belajar. (3) upaya yang dilakukan oleh guru Pkn dalam pembentukan karakter   untuk   yaitu mematuhiperaturansekolah, penerapanperaturan di kelas. mengintegrasikannilai-nilaikarakter,melaluidiskusi, studikasus, dan penguatannilai moral.

 

Kata kunci: Peranan, guru PKn, karakter

Referensi

Adam & Dickey. (2019). Peran Guru dalam Pendidikan. Jakarta: Mitra Media.

Ahyar. (2020). MetodologiPenelitianKualitatif. Surabaya: GrahaIlmu.

Annisa. (2023). Pendidikan Karakter: Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraandalamPembentukanKarakterPeserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter.

Cahyani, Karina & Dewi, D ini eAnggraeni. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam MembentukKarakterPeserta Didik di SMP Negeri 3 Sukabumi. Sukabumi: Jurnal Pendidikan.

Fadillah & Putra. (2022). Pendidikan KarakterBerbasis Moral dan Sosial. Bandung: RemajaRosdakarya.

Famahato Lase. (2024). Pendidikan Karakter dan Tanggung Jawab Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Firmansyah. (2019). Pendidikan KarakterdalamPerspektifKurikulum. Bandung: CV Alfabeta.

Hasan. (2022). MetodologiPenelitianKualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Heryana. (2020). Teknik Wawancara dan Observasi. Bandung: RemajaRosdakarya.

Hidayat. (2021). PengembanganKarakter untuk . Bandung: CV Alfabeta.

Hidayatullah. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indrawan. (2020). Profesi Guru dan Tantangannya. Jakarta: Prenada Media.

Isna ini . (2023). Pengantar Metode Penelitian. Malang: Literasi Nusantara.

Jamal Rahman. (2021). MetodologiPenelitianKualitatif untuk Pemula. Jakarta: Prenadamedia Group.

Karina Cahyani &D ini eAnggraeni Dewi. (2021). Peran Guru PKndalamMembentukKarakter untuk . Sukabumi: Jurnal Pendidikan Karakter.

Koesoema. (2021). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Latifah. (2021). Kompetensi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media.

Lestari. (2023). Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia.

Lickona, T. (2021). Mendidik untuk MembentukKarakter. Yogyakarta: LKiS.

Lickona, Schaps, & Lewis. (2003). Eleven Principles of Effective Character Education. Washington D.C.: CEP.

Made Sila, I., Santika, I. G. N., &Dwindayani, N. M. A. (2023). MeningkatkanSikapDisiplin untuk melaluiOptimalisasi Peran Guru PKn. Bali: Jurnal Pendidikan Karakter.

Mawardi. (2020). ProfesiKeguruan. Surabaya: UIN Press.

Moeloeng, L. J. (2022). MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Mulyasa. (2021). Manajemen Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdakarya.

Mulyasa. (2022). Pendidikan Karakter dan Implementasi. Bandung: RemajaRosdakarya.

Muslimah. (2020). Metode PenelitianKualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

NaquibAlatasdalam Feisal, J. A. (Tahuntidakdisebutkan). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Nasihaun. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PenerbitLentera.

Nidawati. (2020). Peran Guru dalamPembentukan Moral untuk . Bandung: Cipta Media.

Nurgiyantoro. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra BerbasisKarakter. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Nurzannah. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan Modern. Yogyakarta: Deepublish.

Pakpahan. (2021). Metode Penelitian Sosial. Medan: Widya Duta.

Ramdhani, M. (2021). Manajemen Guru Profesional. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ridwan. (2012). PengembanganKarakter Anak. Bandung: Nuansa.

Rohmawati. (2022). Guru dan Pendidikan Karakter. Surabaya: Lintas Media.

Rusmawan. (2019). PengantarIlmu Data. Bandung: Pustaka Pelajar.

Salim. (2022). Karakter dan Etika dalam Pendidikan. Surabaya: Lintas Ilmu.

Salsaila&Furnamansari. (2021). UU Guru dan Dosen sertaImplikasinyadalam Pendidikan. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran: BerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Teknik Analisis Data Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2022). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suyanto. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: RemajaRosdakarya.

Syafrizal. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter. Padang: CV Mitra Utama.

Taufik. (2021). Pendidikan Karakter Anak. Yogyakarta: Ombak.

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional.

Yenistiani&Zahwa. (2020). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Gramedia.

Zamroni. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: LKiS.

Zuchdi, D. (2009). Pendidikan KarakterdalamPerspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-29 — Diperbaharui pada 2025-09-29

Versi

Cara Mengutip

Harahap, R. (2025). Peranan Guru PKn dalam Mengembangkan Karakter untuk di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 4(02), 438–447. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/4134