PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn MATERI POKOK PERUBAHAN-PERUBAHAN UUD 1945 DI INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • Sahrudin Pohan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1677

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajara PPKn, Perubahan-Perubahan UUD 1945 Di Indonesia.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar PPKnsiswamateri pokokperubahan-perubahan UUD 1945 di Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari 8 kelas pararel dan jumlah 196 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling maka kelas yang terambil adalah kelas VIII-4 dengan jumlah 24 siswa sehinggaseluruhnya. Berdasarkan perhitungan penggunaan model pembelajaran scramble di Kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan diperoleh nilai rata-rata 3,37, berada pada kategori “Sangat Baik”.

Referensi

Arikunto Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik PenyusutanSkripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengjaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imas & Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Istarani & Intan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2011. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-01

Cara Mengutip

Harahap, R., & Pohan, S. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn MATERI POKOK PERUBAHAN-PERUBAHAN UUD 1945 DI INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 2(01), 1–15. https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1677

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>