TINJAUAN KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1671Kata Kunci:
Ketersediaan, Pemanfaatan, Media Pembelajaran PKnAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Temuan penelitian di SMP Negeri 1 Angkola Timur telah tersedia media pembelajaran berupa media bagan dan media gambar. Untuk media cetak buku paket dan buku penunjang juga tersedia di sekolah tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini pemanfaatan media pembelajaran PKn guru memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan tergantung dengan media yang tersedia. Kendala dalam memanfaatkan media yaitu kemampun siswa memahami pelajaran dan karakter siswa yang berbeda – beda.
Referensi
Ekiyanto. 2018. Ulangan Harian. Jakarta Selatan: PT. Bintang Wahyu
Ganda. Yahya. 2018. Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Hamka. 2017. Bohong di Dunia. Depok. Gema Insani.
Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta.ansan Madam
Hasan, Muhammad. 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta:CV. Tahta Media Group.
Indriati, Etty. 2026. Strategi Hindari Plagiarisme. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka
Kesuma, Dharma. Dkk. 2011. Pendidikan Karakter Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Farid dan Fitri Umardiyah. Efektifitas Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TM. 2020. Jakarta Timur:LPPM.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Pradopo (2017:369) “Menciplak adalah suatu
Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Uno, B Hamzah. 2007. Model pembelajaran. Jakarta: PT Buni Aksara.Djamarah (2010
Uno, B Hamzah. 2007. Model pembelajaran. Jakarta: PT Buni Aksara.
Wijayati, Hasna dan Abdul Wahid. 2013. Seni Membaca Karakter Orang. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Zaini, Muhammad dkk. 2021. Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh:Tasdin Tahrim.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi Harahap; Seri Surianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.