TINJAUAN KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • Seri Surianti Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1671

Kata Kunci:

Ketersediaan, Pemanfaatan, Media Pembelajaran PKn

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Temuan penelitian di SMP Negeri 1 Angkola Timur telah tersedia media pembelajaran berupa media bagan dan media gambar.  Untuk media cetak buku paket dan buku penunjang juga tersedia di sekolah tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini pemanfaatan media pembelajaran PKn guru memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan tergantung dengan media yang tersedia. Kendala dalam memanfaatkan media yaitu kemampun siswa memahami pelajaran dan karakter siswa yang berbeda – beda.

Referensi

Ekiyanto. 2018. Ulangan Harian. Jakarta Selatan: PT. Bintang Wahyu

Ganda. Yahya. 2018. Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Hamka. 2017. Bohong di Dunia. Depok. Gema Insani.

Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta.ansan Madam

Hasan, Muhammad. 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta:CV. Tahta Media Group.

Indriati, Etty. 2026. Strategi Hindari Plagiarisme. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka

Kesuma, Dharma. Dkk. 2011. Pendidikan Karakter Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Farid dan Fitri Umardiyah. Efektifitas Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TM. 2020. Jakarta Timur:LPPM.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Pradopo (2017:369) “Menciplak adalah suatu

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Uno, B Hamzah. 2007. Model pembelajaran. Jakarta: PT Buni Aksara.Djamarah (2010

Uno, B Hamzah. 2007. Model pembelajaran. Jakarta: PT Buni Aksara.

Wijayati, Hasna dan Abdul Wahid. 2013. Seni Membaca Karakter Orang. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Zaini, Muhammad dkk. 2021. Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh:Tasdin Tahrim.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-01

Cara Mengutip

Harahap, R., & Surianti, S. . (2024). TINJAUAN KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 2(01), 63–73. https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1671

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>