PERILAKU SOSIAL MAHASISWA IPTS ANAK KOST DALAM PANDANGAN MASYARAKAT KAMPUNG SELAMAT

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • riswandi harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sahrudin Pohan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v4i02.4137

Kata Kunci:

Kata Kunci:  Masyarakat, Mahasiswa Anak Kost, Prilaku sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku sosial mahasiswa IPTS anak kost di Kampung Selamat, pandangan masyarakat terhadap perilaku tersebut, serta faktor-faktor yang memengaruhi persepsi masyarakat.Informan dalam penelitian ini meliputi kepala lingkungan, masyarakat, mahasiswa, dan anak kost.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat secara umum menyambut baik kehadiran mahasiswa karena dianggap membawa suasana baru dan aktif dalam kegiatan sosial seperti gotong royong dan pengajian.Mahasiswa dinilai sopan, santun, dan memiliki semangat belajar tinggi.Mereka juga mampu menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan. Namun, berdasarkan pengakuan mahasiswa, keterlibatan mereka dalam kegiatan sosial masih minim karena kesibukan akademik dan perbedaan gaya hidup. Meski demikian, sebagian mahasiswa tetap berusaha menyesuaikan diri dan menunjukkan sikap positif terhadap lingkungan tempat tinggal mereka. Masyarakat pun memberikan apresiasi atas sikap dan kontribusi mahasiswa yang dianggap memberikan dampak positif di lingkungan Kampung Selamat.Hal ini menunjukkan adanya hubungan sosial yang cukup harmonis antara mahasiswa dan masyarakat setempat.

 

 

Referensi

PanggabeanYoseph Vincent. 2021. Sosiologi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Lesmana, H. Sri Jaya, SH., MH. 2020. Pengantar Sosiologi. PT Bidara Cendekia Ilmi Nusantara.

Mulyadi, Y. Y., dan F. Liauw. 2020. “Wadah Interaksi Sosial.” Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (STUPA) 2(1): 37–44.

Vatmawati, S. 2019. “Hubungan Konformitas Siswa dengan Pengambilan Keputusan Karir.”Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6(1): 55–70.

Kholifah Siti, dkk. 2021. Pengantar Sosiologi. Universitas Brawijaya Press.

Mulyadi, Y. Y., dan F. Liauw. 2020. “Wadah Interaksi Sosial.” Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (STUPA) 2(1): 37–44.

Pettalogi, Adawiyah, Hj., Dr., M.Pd. 2023. Sosiologi Pendidikan. CV AdanuAbimata.

Rachmad, YoesoepEdhie, Prof. Dr., M.M., DBA., Ph.D., dkk. 2024. Buku Ajar Pendidikan Karakter. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Iwan, I. 2020. “Merawat Sikap Sopan Santun dalam Lingkungan Pendidikan.”Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 5(1).

Alaslan, A. 2021.Persepsi Masyarakat dan Kepemimpinan Perempuan.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pertiwi, H. 2020. “Menumbuhkan Sikap Sopan Santun dalam Kehidupan Sehari–hari melalui Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana.”Jurnal Inovasi Bimbingan dan Konseling 2(2): 65–69.

Rahmayanty, D., F. F. Triana, G. Ananta, dan R. Andreani. 2023. “Konformitas Teman Sebaya terhadap Gaya Hidup di Lingkungan Pertemanan.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 11(1): 212–220.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-29

Cara Mengutip

Harahap, R., harahap, riswandi ., & Pohan, S. (2025). PERILAKU SOSIAL MAHASISWA IPTS ANAK KOST DALAM PANDANGAN MASYARAKAT KAMPUNG SELAMAT. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 4(02), 450–464. https://doi.org/10.37081/kwn.v4i02.4137

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3