PERANAN GURU PKN DALAM MEMBINA SIKAP MORAL SISWA MELALUI KETELADAN GURU DI KELAS X SMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • Kasmudin Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1662

Kata Kunci:

Peranan Guru, Membina Moral, Keteladanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PKn dalam membina sikap moral siswa,  faktor-faktor yang mempengaruh moral siswa, hambatan yang dihadapi guru PKn dalam membina,  sikap moral siswa dan upaya yang dilakukan  untuk membina moral siswa melalui keteladan guru dikelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Adapun informannya kepala sekolah, kesiswaan, guru PKn, guru wali kelas, guru BK, siswa, pengelola kantin sekolah, satpam, masyarakat sekitar, dan orang tua siswa.  Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) peranan guru  PKn dalam membina sikap moral siswa meliputi mendidik  siswa agar  giat belajar , kritis, berakhlak mulia, berkarakter baik serta bertanggung jawab, 2) faktor yang mempengaruhi sikap moral siswa adalah faktor pengetahuan dan pemahaman tentang moral (kognitif), kontrol diri  (emosi),  lingkungan (situasi), pola pikirnya tentang moral (kepribadian), 3)  hambatan yang dihadapi guru PKn dalam membina sikap moral siswa adalah kontrol diri yang lemah,  pengawasan orang tua yang belum efektif terhadap anak-anaknya, pergaulan bebas serta penggunaan gadget yang   sangat berlebihan , dan 4) upaya meningkatkan moral siswa melalui keteladan guru dengan  menuntun dan memberikan teladan perilaku yang baik.

Referensi

Akmal, Hawi. (2013. ). Kompetensi Guru PAI. Jakarta: PT Raja Garvindo. Persada

Arikunto.2006. Penelitian kualitatif. Yogjakarta. CV Budi Utama.

Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching (cetakan ke-3). Jakarta: Rajagrafindo Persada

Ayu, Ratna. “Guru Berwibawa” http://ratna-ayu.blogspot.com diakses 30 April 2010

Cahyani, Karina & Dinie Anggraeni Dewi. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Agar Menciptakan Siswa yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 2 tahun 2021;277

Daryono,M. dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewwarganegaraan (cetakan kedua. Jakarta:Rineka Cipta

Djamrah, Syaful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Gunawan, Indra. Sofyan Sauri dan Ganjar m Ganeswara. Internalisasi nilai moral melalui keteladanan guru pada proses pembelajaran di ruang kelas. Jurnal kajian Pendidikan umum. Vol. 18 No. 1 tahun 2019:5-6

http.//lensakini.com

http://youtu.be/eKM8H9-b6Zk

Karso. 2019. “Keteladanan Guru dalam Proses pendidikan di Sekolah”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascaarjana Universitas PGRI Palembang: 393

Ngainum, Naim. 2011. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Nida, Fatma Laili Khoirun. Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8 , No 2 tahun 2013;280-281

Octavia, Shilphy A. 2020. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Deepublish

Pangwijaya, Steven. “Penting Moral dalam Kehidupan” http://www.kompasiana.com (Diakses 30 Juni 2021)

Rahman, Syaiful. “Tuntutan Sebagai Guru Dalam Era Milenial” http://pena.belajar.kemdikbud.go.id (Diakses 20 Maret 2019).

Rudianto. “Pendidik: Antara Tuntutan sprofesi dan Panggilan Hati Nurani” http://kepri.kemenag.go.id (Diakses 17 November 2021).

Sagala, Syaiful. 2011. Etika & Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan. Medan:

Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warganegara. Yogyakarta:Dianra Pustaka Indonesia

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Pranada Media Group

Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta

Sayidah, Nur. 2018. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Jawara

Siyoto, Sandu & M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen ( Cetakan ke 3) Bandung: Alfabeta.

Suyahmo. (2020). Filsafat Moral. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Eko, Tatang Yuli . 2010. Penelitian Pendidikan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uno, H. Hamzah B. 2008. Profesi kependidikan (cetakan ketiga). Jakarta: Bumi Aksara

Waty, Anna. Hubungan Interaksi Sosial dengan Perkembangan Moral pada Remaja di SMA UISU Medan. Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 10 No. 1 tahun 2017:17-18

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-21 — Diperbaharui pada 2023-08-21

Versi

Cara Mengutip

Harahap, R., & Harahap, K. . (2023). PERANAN GURU PKN DALAM MEMBINA SIKAP MORAL SISWA MELALUI KETELADAN GURU DI KELAS X SMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 2(02). https://doi.org/10.37081/kwn.v2i02.1662

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>