PENGEMBANGAN E-MODUL KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED GUIDED INQUIRY (IGI)

Penulis

  • Meliza - IPTS
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Edysyah Putra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Desi Lisa Rossana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

E-modul, kesetimbangan kimia, IGI, Plomp

Abstrak

Kesetimbangan kimia merupakan materi yang dipelajari SMA/ MA yang terdiri dari teori dan  praktikum, sehingga  dibutuhkan  bahan  ajar  yang dapat mendukung karakteristik  materi  ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis integrated guided inquiry (IGI) sampai pada mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas. Pengembangan  e-modul  dilakukan  melalui  model  pengembangan  Plomp  yang  terdiri  3  tahap  yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen  penelitian  yang  digunakan  berupa lembar observasi dan angket dalam  bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh dari instrument penelitian dianalisis dengan menggunakan formula Aiken’s V dan persentase. Hasil validasi isi dan konstruk e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,87 dan 0,89 sehingga dapat dinyatakan valid. Validitas ahli media e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,90 maka dapat dikatakan valid. Hasil praktikalitas e-modul oleh guru diperoleh nilai persentase sebesar 91,49% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa sebesar 87,84% dengan kategori sangat praktis. Maka disimpulkan produk  yang  dikembangkan berupa e-modul kesetimbangan kimia berbasis model pembelajaran integrated guided inquiry (IGI) valid dan sangat  praktis.

Referensi

Aidha, E. R. (2016). Pengembangan modul pembelajaran kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Sains Dan Teknologi, 16(1), 1–8.

Andromeda, A., Lufri, Festiyed, Ellizar, E., Iryani, I., Guspatni, G., & Fitri, L. (2018). Validity and Practicality of Experiment Integrated Guided Inquiry-Based Module on Topic of Colloidal Chemistry for Senior High School Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012099

Andromeda, Bahrizal, & Ardina, Z. (2016). Efektifitas Kegiatan Praktikum Terintegrasi dalam Pembelajaran pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Eksakta, 1(17), 45–51. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Andromeda, Iryani, Ellizar, Yerimadesi, & Sevira, W. P. (2019). Effectiveness of chemical equilibrium module based guided inquiry integrated experiments on science process skills high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012152

Andromeda, Lufri, Festiyet, & Ellizar. (2018). Validity and Practicality of Integrated Guided Inquiry (IGI) Learning Model for Senior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1116(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/4/042007

Bishop, J. (2013). Partnership for 21st-Century Skills (P21). The SAGE Encyclopedia of Out-of-School Learning.

Fausih, M., & T, D. (2015). Media Modul Elektronik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9.

Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180–187.

Hastuti, I. D. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning in Improving Metacognitive Skill of Elementary School Students. International Journal of Instruction, 13(4), 315–330.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. 1–57.

Plomp, T. (SLO), & Nieveen, N. (SLO). (2013). Educational Design Research Educational Design Research. In Educational Design Research (pp. 1–206).

Purwanto, J. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Integrasi-Interkoneksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 4, No 2 (2017): COMPTON: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA, 73–80.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56.

Straumanis, A. (2010). Classroom Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning. Metropolitan Universities, 17(4).

Sutoyo, S., Azizah, U., & Allamin, S. (2019). Effectiveness of the Guided Inquiry Model Integrated with STEM to Improve the Student Critical Thinking Skills in Chemistry Learning. 4(12).

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

-, M., Nasution, N. F. ., Edysyah Putra, & Desi Lisa Rossana. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED GUIDED INQUIRY (IGI). JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(2), 6–11. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/329

Terbitan

Bagian

Informatika