PENGEMBANGAN E-MODUL KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED GUIDED INQUIRY (IGI)
Kata Kunci:
E-modul, kesetimbangan kimia, IGI, PlompAbstrak
Kesetimbangan kimia merupakan materi yang dipelajari SMA/ MA yang terdiri dari teori dan praktikum, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat mendukung karakteristik materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis integrated guided inquiry (IGI) sampai pada mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas. Pengembangan e-modul dilakukan melalui model pengembangan Plomp yang terdiri 3 tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh dari instrument penelitian dianalisis dengan menggunakan formula Aiken’s V dan persentase. Hasil validasi isi dan konstruk e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,87 dan 0,89 sehingga dapat dinyatakan valid. Validitas ahli media e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,90 maka dapat dikatakan valid. Hasil praktikalitas e-modul oleh guru diperoleh nilai persentase sebesar 91,49% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa sebesar 87,84% dengan kategori sangat praktis. Maka disimpulkan produk yang dikembangkan berupa e-modul kesetimbangan kimia berbasis model pembelajaran integrated guided inquiry (IGI) valid dan sangat praktis.
Referensi
Aidha, E. R. (2016). Pengembangan modul pembelajaran kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Sains Dan Teknologi, 16(1), 1–8.
Andromeda, A., Lufri, Festiyed, Ellizar, E., Iryani, I., Guspatni, G., & Fitri, L. (2018). Validity and Practicality of Experiment Integrated Guided Inquiry-Based Module on Topic of Colloidal Chemistry for Senior High School Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012099
Andromeda, Bahrizal, & Ardina, Z. (2016). Efektifitas Kegiatan Praktikum Terintegrasi dalam Pembelajaran pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Eksakta, 1(17), 45–51. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Andromeda, Iryani, Ellizar, Yerimadesi, & Sevira, W. P. (2019). Effectiveness of chemical equilibrium module based guided inquiry integrated experiments on science process skills high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012152
Andromeda, Lufri, Festiyet, & Ellizar. (2018). Validity and Practicality of Integrated Guided Inquiry (IGI) Learning Model for Senior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1116(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/4/042007
Bishop, J. (2013). Partnership for 21st-Century Skills (P21). The SAGE Encyclopedia of Out-of-School Learning.
Fausih, M., & T, D. (2015). Media Modul Elektronik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9.
Haspen, C. D. T., & Festiyed. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180–187.
Hastuti, I. D. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning in Improving Metacognitive Skill of Elementary School Students. International Journal of Instruction, 13(4), 315–330.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. 1–57.
Plomp, T. (SLO), & Nieveen, N. (SLO). (2013). Educational Design Research Educational Design Research. In Educational Design Research (pp. 1–206).
Purwanto, J. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Integrasi-Interkoneksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 4, No 2 (2017): COMPTON: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA, 73–80.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56.
Straumanis, A. (2010). Classroom Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning. Metropolitan Universities, 17(4).
Sutoyo, S., Azizah, U., & Allamin, S. (2019). Effectiveness of the Guided Inquiry Model Integrated with STEM to Improve the Student Critical Thinking Skills in Chemistry Learning. 4(12).