PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU

Isi Artikel Utama

Nurbaiti Nurbaiti
Cendy Loria Cenora
Mina Syanti Lubis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang mencakup 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dn refleksi. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes, angket guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas guru dan siswa terjadi peningktan pada tiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 87,5 dan siklus II menjadi 91,66. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,67 dan siklus II menjadi 92,64. Pada pembelajaran siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,88 dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 80,91. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurbaiti, Nurbaiti, Cendy Loria Cenora, dan Mina Syanti Lubis. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 153–161. Diakses April 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1024.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>