UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 SUBTEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SD NEGERI 100670 HUTAIMBARU T.A 2021/2022
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negriku menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas IV SD 100670 Hutaimbaru T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan soal tes. Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negriku. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 67,30%(kategori cukup) dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 67,55% dimana 6 peserta didik (30%) yang yang tuntas dan 14 peserta didik (70%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil oservasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 80,76%(kategori tinggi) dan rata rata 78,05% dimana 16 peserta disik (70%) tuntas dan 4 peserta didik (30%) tidak tuntas. Disimpulkan hasil belajar siswa tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negriku menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas IV SD 100670 Hutaimbaru T.A 2021/2022
Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akhmad Sudrajad. 2008. Pembelajaran Kontekstual
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Anisah. 2008. Kelemahan dan Kelebihan CTL . Bandung:Nusa Media
Efendi, Muhammad. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Malang : FIP Universitas Negeri Malang
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013.Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan
Mardianto. 2011 Pembelaajaran. Tematik. Medan: Perdana Publishing
Nana sudjana,2010; Cara Belajar Siswa Aktif dalam proses Belajar Mengajar,Bandung, Sinar Baru Algensido
Nawawi K.Brahim 2007 .Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.Jakarta
Nurhadi , 2009 Cooperatif Learning. , Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo
Sugiyanto.2008.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Surakarta : UNS Pres
Susanto Ahmad 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Wahidmurni. 207. Metedologi pembelajaran IPS: Pengembangan Standar proses pembelajaran IPS di sekolah Madrasah. Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA
Wasliman, lim (2007). Prolematika Pendidikan Dasar . (Modul) Bandung :SPs-UPi