PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SERTA PENGEMBANGAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SD NEGERI 200308 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan Kampus Mengajar merupakan salah satu implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini diperuntukan mahasiswa dari seluruh program studi di perguruan tinggi untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar terutama di daerah 3T. Adapun kegiatan kampus mengajar ini tujuannya untuk meningkatkan literasi dan numerasi, pengembangan adaptasi teknologi dan administrasi. Kegiatan kampus mengajar angkatan 4 yang terlaksana salah satunya di SD Negeri 200308 Padangsidimpuan. Mahasiswa yang berperan mengajar di SD Negeri 200308 Padangsidimpuan 2 (dua) orang dari Kampus Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2 (dua) orang dari Kampus Universitas Aufa Royhan, 1 (satu) Orang dari Kampus Universitas Medan Area dan 1 (satu) Orang lagi dari Kampus Universitas Sumatera Utara. Total mahasiswa yang mengabdi dan berkontribusi di SD Negeri 200308 Padangsidimpuan berjumlah 6 (Enam) orang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa dalam peningkatan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi di SD Negeri 200308 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu teknik wawancara. Analisis data meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari Program ini yakni adanya peningkatan pengetahuan guru dan siswa di SD Negeri 200308 Padangsidimpuan dalam hal literasi, numerasi serta adaptasi teknologi.
Kata kunci: Kampus Merdeka, Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Erdyna Dwi Etika & Sevia Cindy Pratiwi , Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2, Journal of Educational Integration and Development Volume 1, Nomor 4, 2021(281-290)
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S.
(2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Qasim, K., & Awaluddin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri Di
Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 84–85.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas
Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui
Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V Sd Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan,3(1), 269–283.
Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi Untuk Asesmen
Kompetensi Minimum Dalam Kegiatan Kurikuler Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal
Basicedu, 5(5), 3413–3430.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., & Octafianti, M. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui
Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnalbasicedu, 5(6), 5249–5257.
Raco, Jozef. (2018). “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.” OSF
Preprints. July 18. doi:10.31219/osf.io/mfzuj.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Buku Saku Utama. Kemendikbud.
Livia Mutiara Shabrina, Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 916 - 924