UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LAMBANG NEGARA KELAS III SD NEGERI 173243 AEK BOTIK KABUPATEN TAPANULI UTARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Isi Artikel Utama

Juliasi Yolanda Nainggolan
Rosnida Siregar
Sabri Sabri

Abstrak

Abstract


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi lambang negara di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik yang berjumlah 17 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan  hasil belajar siswa pada materi lambang negara di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 52,94% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 8 orang dengan persentase 47,06%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dimana siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 orang dengan persentase 82,35% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 orang dengan persentase 17,65%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lambang negara di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik, Kec. Pahae Jae, Kab. Tapanuli Utara dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nainggolan, Juliasi Yolanda, Rosnida Siregar, dan Sabri Sabri. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LAMBANG NEGARA KELAS III SD NEGERI 173243 AEK BOTIK KABUPATEN TAPANULI UTARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 18, 2023): 686–693. Diakses Juli 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/430.
Bagian
Artikel

Referensi

Al-Tabany, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana

Arikunto Suharsimi, Supardi, Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media

Fathurrohman Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Latip A.E. 2018. Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Maskani Elia. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik. Skripsi. Tegal: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal

Mudrika, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Bentuk Geometri. Makasssar: Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemical, Juni 2018, Volume 19 Nomor 1, (75-86)

Nasution M.K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Serang: UIN “SMH”. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Juni 2017, Volume 11 Nomor 1, (9-16). ISSN 1978-8169

Novianto L.A, Degeng, Wedi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. JKTP, September 2018, Volume 1 Nomor 3, (257-263). ISSN 2615-8787

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Shoimin Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slavin R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Narulita. 2015. Nusa Media: Bandung

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Thalita Rachma, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. JPGSD, Agustus 2019, Volume 4 Nomor 2, (147-156). ISSN : 2501- 1923

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>