PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM TERPADU BINA ISANI DESA SIALOGO KECAMATAN ANGKOLA BARAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa kelas III SD Islam Terpadu Bina Isani Desa Sialogo Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi berjumlah 22 siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah total sampling, sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah populasinya. Agar hipotesis yang diajukan ditolak atau diterima, maka dilakukan uji kolerasi product moment diperoleh nilai rxy= 0,56. Kemudian dilakukan uji “t-test”, diperoleh nilai uji t-hitung sebesar 3,67 dengan df = 22-2 =20 dan taraf signifikansi 0,05 dibandingkan dengan dengan nilai t-tabel 2,09 yaitu (3,67 > 2,09), artinya terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa kelas III SD Islam Terpadu Bina Isani Desa Sialogo Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.
Kata kunci : manajemen kelas, minat belajar
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.