PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM TERPADU BINA ISANI DESA SIALOGO KECAMATAN ANGKOLA BARAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

Juliana Dongoran
Rosnida Siregar
Nurbaiti Nurbaiti
Afdhal Ilahi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa kelas III SD Islam Terpadu Bina Isani Desa Sialogo Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi berjumlah 22 siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah total sampling, sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah populasinya. Agar hipotesis yang diajukan ditolak atau diterima, maka dilakukan uji kolerasi product moment diperoleh nilai rxy= 0,56. Kemudian dilakukan uji “t-test”, diperoleh nilai uji t-hitung sebesar 3,67 dengan df = 22-2 =20 dan taraf signifikansi 0,05 dibandingkan dengan dengan nilai t-tabel 2,09 yaitu (3,67 > 2,09), artinya terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa kelas III SD Islam Terpadu Bina Isani Desa Sialogo Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.


Kata kunci : manajemen kelas, minat belajar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dongoran, Juliana, Rosnida Siregar, Nurbaiti Nurbaiti, dan Afdhal Ilahi. “PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS III SD ISLAM TERPADU BINA ISANI DESA SIALOGO KECAMATAN ANGKOLA BARAT KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 2 (Mei 30, 2022): 15–21. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/320.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>