PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101240 LIANG ASONA KEC. PADANG BOLAK KAB. PADANG LAWAS UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Pelaksanaan pembelajaran IPS materi Kondisi Geografis Indonesia menggunakan Metode Investigasi Kelompok di kelas V SD Negeri 101240 Liang Asona Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara, dan 2) Hasil pembelajaran IPS materi Kondisi Geografis Indonesia menggunakan Metode Investigasi Kelompok pada siswa kelas V SD Negeri 101240 Liang Asona Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101240 Liang Asona Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara Tahun Pelajaran 2021-2022. Selanjutnya ditetapkan subjek adalah karena penulis melihat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Kondisi Geografis Indonesia. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes dan observasi. Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101240 Liang Asona Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara dalam pembelajaran IPS materi Kondisi Geografis Indonesia menggunakan metode investigasi kelompok menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai mencapai mencapai ketuntasan 52% dengan nilai rata-rata siswa 54,84, sedangkan pada siklus II menunjukkan Peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 88 dengan ketuntasan mencapai 77,16%.
Kata Kunci : Metode Investigasi Kelompok dan Hasil Belajar.
.
Abstract
This study aims to find out the real picture of 1) To find out whether the application of the Jigsaw Learning Model Can Improve Student Learning Outcomes for Class IV Elementary School No. 200402 Sabungan Jae, 2) To find out the application of the Jigsaw Learning Model in Class IV SD Negeri No. 200402 Fighting Jae. The type of research is Classroom Action Research (CAR), the object of this research is all students of SD Negeri No. 200402 Fighting Jae. Furthermore, the subject is set as many as 24 people. The instruments used as a data collection tool are tests, observations and cameras. Then the research data is processed by data analysis techniques, namely analysis of learning outcomes tests, analysis of teacher activities and analysis of student activities. Student learning outcomes increased through the Jigsaw learning model in grade IV SD Negeri No. 200402 Sabang Jae, it can be proven that in the first cycle the percentage is 41.67%, the second cycle is 83.33%, from the first cycle to the second cycle it has increased by 42.21%. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the jigsaw learning model to be able to improve student learning outcomes in the material of style and motion for Class IV SD Negeri No. 200402 Jae's Fighting
Keywords: Jigsaw, Student Learning Outcomes, Style and Movement.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
B. Uno Hamzah, 2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.
Bintarto dan Surastopo Hadisumarno, 1979, Metode Analisis Geografi. Jakarta : LP3ES
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Isjoni, 2002, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Ritawati, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.
_______, 2008, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.
Riyanto, 2009, Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Nuha Medika.
Roni, 2013, Hubungan Penggunaan MetodePembelajaran Kooperatipe Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Memahami Prinsip Ilmu Sejarah di Kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.
Rusman, 2012 Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Pers.
Soemanto, 2006, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharyono dan Moch Amien, 1994, Pengantar Filsafat Geografi. Direktoral Jenderal Pendidikan.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
______, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana