UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT ) DI KELAS IV SD NEGERI 100930 SIBATANG KAYU KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Sartika Ratih Asmara Nasution
Salwinaanggriani Siregar
Nurbaiti Nurbaiti
Eko Sucahyo
Rani Kusuma Ningtyas

Abstrak

Abstract


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 di kelas IV SD Negeri 100930 Sibatang Kayu Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari-maret di SD Negeri 100930 Sibatang Kayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 100930 Sibatang Kayu Kabupaten Padang Lawas Utara dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 100930 Sibatang Kayu Kabupaten Padang Lawas Utara hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) hasil belajar siswa meningkat dan termasuk kedalam kategori baik. Hal ini juga ditunjukkan adanya peningkatan tiap siklus, siklus I sebesar 47,61 % dan pada siklus II sebesar 85,71%. Dengan demikian model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku pada kelas IV SD Negeri 100930 Sibatang Kayu.


 


Kata Kunci : Hasil Belajar, Model TGT, Cita-citaku


Abstract


 


This study aims to describe and analyze the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) learning model to improve student learning outcomes on theme 6 sub-theme 1 in grade IV SD Negeri 100930 Sibatang Kayu, North Padang Lawas Regency. This research was conducted in January-March at SD Negeri 100930 Sibatang Kayu. This type of research is classroom action research (CAR), the subject of this research is the fourth grade students of SD Negeri 100930 Sibatang Kayu, North Padang Lawas Regency with 21 students consisting of 11 girls and 10 boys. The instruments used are observation sheets and test sheets. The results showed that the application of the Teams Games Tournament (TGT) learning model could improve the learning outcomes of fourth graders at SD Negeri 100930 Sibatang Kayu, North Padang Lawas Regency. Student learning outcomes increased from cycle I to cycle II. With the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) learning model, student learning outcomes increase and are included in the good category. It is also shown that there is an increase in each cycle, in the first cycle of 47.61% and in the second cycle of 85.71%. Thus the Teams Games Tournament (TGT) learning model can improve student learning outcomes on the theme of 6 sub-theme 1 I and my ideals in the fourth grade of SD Negeri 100930 Sibatang Kayu.


Keywords: Learning Outcomes, TGT Model, My Goals

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Sartika Ratih Asmara, Salwinaanggriani Siregar, Nurbaiti Nurbaiti, Eko Sucahyo, dan Rani Kusuma Ningtyas. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT ) DI KELAS IV SD NEGERI 100930 SIBATANG KAYU KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 17–28. Diakses Desember 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/313.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>