IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 200309 PADANG SIDEMPUAN

Isi Artikel Utama

Anju Ronauli
Zulfadli Zulfadli
Monica Theresia
Rani Kusuma Ningtyas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA materi Cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 200309 Padang Sidempuan dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200309 Padang Sidempuan yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes, dan lembar observasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisis data yaitu implementasi model Problem Based Learning (PBL) meningkat ditandai perolehan hasil observasi siklus I 78,75% dan pada siklus II 91,25% mengalami peningkatan 12,5%, dan hasil belajar sebelum implementasi model Problem Based Learning (PBL) diperoleh nilai rata-rata 70,45% dengan pencapaian belum tuntas. Setelah dilakukan siklus I hasil belajar meningkat menjadi 75,45% dengan pencapaian cukup. Sehingga dilanjutkan siklus II dengan hasil belajar naik menjadi 87,5% dengan pencapaian tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi  model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 200309 Padang Sidempuan.


 


Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Model, Problem Based Learning (PBL)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ronauli, Anju, Zulfadli Zulfadli, Monica Theresia, dan Rani Kusuma Ningtyas. “IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 200309 PADANG SIDEMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 522–533. Diakses Mei 9, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1438.
Bagian
Artikel

Referensi

Amir, Taufiq. 2015. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning (PBL). Edisi I. Jakarta: Kencana.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ginting, Seri Arita, Zulfadli, dan Monica Theresia. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Manfaat Air bagi Manusia, Hewan, dan Tumbuhan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri No.153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.2 No.4: 393-400.

Hidayatillah, dan Putri Rahma. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Edisi I. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setyo, Arie Anang, dkk. 2020. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Makasar: Yayasan Barcode.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: Ar-ruz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2012. Metode dan Model–Model Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edisi I. Jakarta: Kencana.

Zulfadli. 2022. Selayang Pandang Ilmu Pendidikan. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>