UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SILA - SILA PANCASILA DALAM LAMBANG NEGARA “GARUDA PANCASILA” DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 084089 SIBOLGA

Isi Artikel Utama

Zulfadli Zulfadli
Natalia Jojor M Siallagan
Sartika Ratih Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sila - Sila Pancasila dalam Lambang Negara “ Garuda Pancasila” dengan menggunakan Model Talking Stick pada siswa kelas III SD Negeri 084089 Sibolga. Subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri 084089 Sibolga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi guru. Berdasarkan hasil pengamatan observer guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 78% observasi guru dan 42% Hasil belajar siswa. Pada siklus II meningkat 84% hasil belajar siswa dan 84% observasi guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 42% atau 5 orang siswa sudah mencapai KKM 58% siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 83% atau 10 orang siswa sudah mencapai KKM 17% atau 2 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 41%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model Talking Stick  dapat meningkatkan hasil belajar Sila - Sila Pancasila dalam Lambang Negara “ Garuda Pancasila” dengan menggunakan Model Talking Stick pada siswa kelas III SD Negeri 084089 Sibolga.


Kata kunci: Hasil Belajar, Siswa, Model, Talking Stick


                                                   

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zulfadli, Zulfadli, Natalia Jojor M Siallagan, dan Sartika Ratih Asmara Nasution. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SILA - SILA PANCASILA DALAM LAMBANG NEGARA ‘GARUDA PANCASILA’ DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 084089 SIBOLGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 1–6. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/962.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>