PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 103000 AEK JANGKANG KEC. PADANG BOLAK KAB. PADANG LAWAS UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan melihat 1) Penggunaan Metode Investigasi Kelompok pada pelajaran IPS Materi Koperasi di Kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. 2) Peningkatan pengetahuan siswa tetang IPS Materi Koperasi menggunakan Metode Investigasi Kelompok pada siswa Kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68.48, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Materi Koperasi di kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.