PENGEMBANGAN MEDIA PALANEL (PAPAN FLANEL) MATERI PROFESI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Nurul Lailatul Arafah
Ismail Marzuki

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat papan flanel untuk digunakan pada mata pelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar.  Metodologi penelitian yang digunakan adalah Development Research.  Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 98 Gresik.  Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.  Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa sebagai instrumen penelitiannya.  Nilai rata-rata dari validasi ahli media adalah 89,5% yang menunjukkan tingkat validitas yang tinggi.  Begitu pula dengan validasi ahli materi menghasilkan skor 94,5% juga termasuk dalam kategori sangat valid.  Angket respon siswa menghasilkan skor 83,79%, menunjukkan respon yang sangat positif terhadap papan flanel.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lailatul Arafah, Nurul, dan Ismail Marzuki. “PENGEMBANGAN MEDIA PALANEL (PAPAN FLANEL) MATERI PROFESI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 664–670. Diakses Mei 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1605.
Bagian
Artikel

Referensi

Daryanto,i2016.imediaipembelajaran:iPeranannyaiSangatiPentingidalamiMencapaiiTujuaniPembelajaran,iYogyakarta:GayaiMedia

DiniiPalupiiPutri.i(2018).iPendidikaniKarakteriPadaiAnakiSekolahiDasaridiiEraiDigital.iJurnaliPendidikaniDasarivol.2,iNo.i1,i2018,i2(1).

Fernandes,iJ.i(2017).iPenerapaniPembelajaraniTematikiKelasiRendahiSDiNi1iBlunyahan,iSewon,iBantul,iYogyakarta.iBASICiEDUCATION,i6(9).

Pradani,iAryaiSetyaiNugroho,iandiIqnatiaiAlfiansyah.i2022.i“PengembanganiMediaiPohoniInteraksiiRainbowsaltiUntukiKelasiViSD.”

Pudjawan,i&idkk.i(2019).iPengembanganiBukuiAjariModeliPenelitianiPengembanganidenganiModeliADDIE.iSeminariNasionaliInovatifiIV.

Sukmadinata,iN.iS.i(2016).iMetodeiPenelitianiPendidikani.iBandung:iPT.iRemajaiRosdakarya.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama